BI Tegaskan QR Code Standar Indonesia Diterapkan Semester II 2019

Ilustrasi Scanning QR Code.
Sumber :
  • info.qrl.bg

VIVA – Bank Indonesia memastikan, standarisasi QR Code bisa diterapkan pada Semester II tahun ini. Dengan begitu, QR Code di setiap merchant yang ada di Indonesia hanya akan satu bentuk sesuai standar yang dinamakan BI sebagai QR Code Indonesian Standard atau QRIS.

Begini Cara Memperkuat Ikatan Emosional dengan Pelanggan

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta, mengungkapkan standarisasi yang dilakukan baru untuk metode QR Code yang disediakan oleh merchant atau Merchant Presented Mode, yakni merchant yang mengeluarkan QR Code sementara nasabah yang melakukan pemindaian.

"Implementasi QRIS ini dengan MPM secara nasional kita terapkan di semester dua, kita bisa lakukan. Termasuk juga transaksi cross border dengan masa transisi," katanya di Gedung BI, Selasa 4 April 2019.

Waspada Quishing, Penguras Rekening Korban di HP

Dia menjelaskan, QRIS yang saat ini masih dalam tahap penjajakan tersebut telah sesuai dengan standar yang dibangun oleh EMVco, yakni perusahaan-perusahaan seperti Visa, MasterCard, UnionPay, JCB, Amex, maupun Discover. Sehingga, QRIS bisa digunakan oleh negara yang juga mengacu pada standar internasional tersebut.

Untuk saat ini, lanjut dia, negara-negara yang baru menyesuaikan standari QR Code nya dengan EMVco di antaranya Singapura dan Thailand. Dengan begitu, BI juga sedang melakukan penjajakan dengan Bank Sentral negara tersebut agar QRIS bisa digunakan oleh merchant negara tersebut begitu juga sebaliknya.

Tak Perlu Antre, Kini Berobat Bisa Lebih Gampang Pake QR Code

"Gimana untuk QR Code Thailand dan Singapura? sudah bisa dibaca, kita mencoba dengan yang ada saat ini standarisir," ungkapnya.

Adanya standar itu, ditegaskannya, mengharuskan penyedia jasa sistem pembayaran QR Code seperti OVO, Gopay, Dana, LinkAja, maupun yang berasal dari luar negeri seperti AliPay maupun WechatPay harus menyesuaikan sistem QR Codenya dengan QRIS. Sehingga, QR Code yang ada diberbagai merchant di Indonesia dikatakannya hanya satu bentuk, yakni QRIS 

"Dan mereka akan menyesuaikan dengan standar kita, supaya bisa dibaca. Jadi gimana? Semua sudah diatur, mereka boleh masuk. Tapi mereka harus kerja sama dengan Bank Buku IV," ungkap dia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya