Pasar Sarung Tangan Karet Global Diproyeksi Tembus Rp67,8 Triliun

Sarung tangan karet lansiran rumah mode Calvin Klein.
Sumber :
  • homes.nine.com.au

VIVA – Permintaan sarung tangan karet global tumbuh konsisten dalam 15 tahun terakhir, dengan rata-rata pertumbuhan permintaan tahunan antara 8-10 persen. Namun, saat ini yang tersedia belum dapat memenuhi seluruh permintaan global. 

Neraca Perdagangan Januari Surplus, BI: Positif Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi RI

Presiden Direktur PT Mark Dynamics Indonesia Tbk, Ridwan Goh menyatakan, sebagai produsen cetakan sarung tangan karet, potensi tersebut dibidik perusahaan. Dengan cara meningkatkan produksi ekspor cetakan ke negara-negara produsen utama sarung tangan karet di dunia, salah satunya Malaysia. 

Ridwan mengungkapkan, saat ini, kapasitas produksi empat produsen utama sarung tangan karet di Malaysia mencapai 169 miliar unit. Sementara, kebutuhan dunia pada 2018, mencapai 268 miliar unit. 

Neraca Perdagangan RI Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi Indonesia

“Kami merupakan produsen cetakan sarung tangan terkemuka di dunia dan merupakan pemasok utama bagi produsen-produsen sarung tangan di dunia,” kata Ridwan," ujar Ridwan dikutip dari keterangan resminya, Selasa 22 April 2019. 

Ridwan menyatakan, sarung tangan karet merupakan produk yang hanya sekali pakai (disposable) dan banyak digunakan pada industri kesehatan, farmasi, makanan dan minuman, elektronik, industri, rumah tangga dan medis. 

Neraca Perdagangan Oktober Surplus, BI: Topang Ketahanan Eksternal Ekonomi

"Pada 2019 diperkirakan konsumsi sarung tangan karet dunia akan mencapai 300 miliar unit, dengan nilai pasar mencapai US$4,8 miliar atau setara dengan Rp67,871 triliun (kurs Rp14.100 per dolar AS)," ungkapnya. 

Presiden Direktur PT Mark Dynamics Indonesia Tbk, Ridwan Goh

Luasnya bidang pemakaian sarung tangan karet mendorong industri pendukung utamanya, yaitu produsen cetakan sarung tangan memperoleh kesempatan besar untuk tumbuh dan berkembang secara pesat. Potensi tersebut lah yang dibidik perusahaan untuk ditingkatkan tahun ini. 

"Malaysia sebagai pemasok utama akan memberikan kontribusi sebesar 63 persen, diikuti oleh Thailand sebesar 18 persen, China sebesar 10 persen dan Indonesia sebesar 3 persen," tambahnya.

Seiring dengan kebutuhan tersebut menurutnya, permintaan cetakan sarung tangan pun terus mengalami peningkatan, mengingat untuk setiap cetakan masa pakai maksimum hanya satu tahun. Penggunaan cetakan dalam jangka panjang akan merusak kualitas sarung tangan yang diproduksi. 

Perseroan menurut Ridwan, mengambil keuntungan dari kondisi ini dengan menggunakan bahan sisa cetakan sarung tangan untuk didaur ulang sebagai salah satu bahan baku produk sanitary ke depannya.

Jumlah produksinya pun terus meningkat, yang pada 2018 mencapai 6,4 juta unit, meningkat sebesar 28 persen dibandingkan dengan lima juta unit pada 2017.

"Peningkatan produksi ini diikuti dengan peningkatan nilai penjualan sebesar 35,7 persen pada 2018 menjadi Rp325,47 miliar dibandingkan dengan 2017, sebesar Rp239,79 miliar. Pasar ekspor mencapai Rp303,33 miliar atau sebesar 93,20 persen dari total penjualan perseroan," ungkapnya.  

Diiringi dengan tingkat biaya yang lebih rendah pada 2018, perseroan berhasil mencatat kenaikan laba komprehensif sebesar 67,09 persen menjadi Rp82,29 miliar. Dibandingkan 2017, sebesar Rp49,25 miliar, dengan rasio margin laba komprehensif yang juga meningkat menjadi 25,28 persen dibandingkan dengan 2017, sebesar 20,54 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya