Harapan Pengusaha akan Ekonomi Indonesia Lima Tahun ke Depan

Buka Bersama Kadin Indonesia.
Sumber :
  • Kadin Indonesia.

VIVA – Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia menyampaikan harapan kepada pemerintah selama lima tahun ke depan. Pengusaha yang tergabung dalam asosiasi ini berharap pemerintah mampu menggerakkan ekonomi Indonesia lebih baik ke depannya.

Forum B20 Dorong Bisnis di Negara G20 Kejar Target Net Zero Emission

Dalam diskusi bertema 'Harapan Pengusaha terhadap Pemerintah Lima Tahun ke Depan', Wakil Ketua Umum Bidang Kebijakan Moneter, Fiskal dan Publik Kadin Indonesia, Raden Pardede, menjelaskan, peningkatan gerak perekonomian Indonesia itu bisa dilakukan melalui remitansi atau transfer dana melalui para Tenaga Kerja Indonesia (TKI). 

"Pertama, tentu kita harus menggerakkan ekonomi kita dahulu, ini berkaitan dengan penerimaan dari remitansi TKI. Dari TKI kita hanya dapat US$10 miliar," ungkap Raden di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat 24 Mei 2019.

Kadin Luncurkan Badan Logistik dan Rantai Pasok, Ini Fungsinya

Dia membandingkan dengan Filipina yang penerimaan remitansi dari tenaga kerjanya sudah mencapai US$30 miliar. "Ini fokus di sini saja dulu 5 tahun ke depan, melalui pelatihan sehingga pendapatan mereka bisa meningkat 2-3 kali lipat," ujar dia. 

Sementara itu, Raden mengatakan, pihaknya juga mendorong peningkatan pendapatan dari wisatawan atau turis dalam menggerakkan ekonomi. Upaya itu diharapkan dapat menjadi salah satu pendongkrak ekonomi di masa depan. 

Kadin Bakal Sasar Santri Jadi Pengusaha Masa Depan

"Inilah yang menurut saya jadi prioritas utama," kata dia. 

Selain itu, ia menyampaikan harapan agar pengusaha selalu diajak oleh pemerintah dalam menyusun paket kebijakan ekonomi ke depan. Selama ini, paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah belum mengajak dunia usaha seperti Kadin dan asosiasi lain sebelum menerbitkan paket tersebut. 

"Artinya, selama ini announce (diumumkan) dulu baru diperbaiki. Makanya dari awal Kadin harus diajak pemerintah ikut, kebijakan itu seperti apa, persoalan yang dihadapi seperti apa, sehingga pada saatnya nanti suatu inisiatif itu diumumkan, sudah diketahui," kata dia. 

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani yang menjadi moderator diskusi mengatakan bahwa hasil pemilu sudah sesuai dengan harapan pengusaha. Karena itu, dia mengatakan menyambut baik dan berharap pemerintah ke depan melanjutkan roda perekonomian saat ini yang sudah berjalan baik. 

"Kadin akan bekerja sama dengan sebaik-baiknya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Kami harapkan semua pihak bisa bersatu dan bersinergi mewujudkan apa yang dicita-citakan bangsa," kata Rosan. 

Acara ini nantinya akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo. Sejumlah pengusaha dari berbagai daerah sudah memenuhi lokasi acara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya