Daftar Peserta Kartu Prakerja agar Dapat Rp3,55 Juta, Caranya Mudah

Pendiri dan Direktur Produk dan Kemitraan Ruangguru, Iman Usman bersama Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, saat penandatanganan perjanjian kerjasama Program Kartu Prakerja, Jumat (20/03).
Sumber :

VIVA – Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari membeberkan mekanisme cara pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mendapatkan kartu Prakerja.

Airlangga dan Muhadjir Kompak Bela Presiden Jokowi dalam Sidang Sengketa Pilpres

Perpres Nomor 36 Tahun 2020 menyebutkan bahwa pendaftaran harus dilakukan melalui situs resmi dari Program Kartu Prakerja, yakni di www.prakerja.go.id.

"Di mana isi website-nya adalah informasi-informasi yang nanti mulai akan dilengkapi dengan fitur 'Daftar Sekarang' dengan tombol klik berwarna merah," kata Denni dalam telekonferensi, Senin 13 April 2020. 

Sederet Nama Bayi Terfavorit di Tahun 2023 Menurut Dukcapil

"Nanti teman-teman tinggal klik di situ, untuk mengisi form dengan mengikuti rangkaian petunjuk yang ada," ujarnya.

Terkait apakah nantinya akan ada seleksi bagi para calon penerima kartu prakerja ini, Denni pun merincinya lebih detil. Berpegang pada Perpres Nomor 36 Tahun 2020 itu, peserta program kartu prakerja harus semua warga negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas yang sedang tidak bersekolah ataupun kuliah.

Manajemen Pelaksana: Program Kartu Prakerja Buka di Semester I-2024

"Intinya tidak boleh sedang mengenyam pendidikan formal," ujar Denni.

Nantinya setelah para calon penerima kartu prakerja itu mendaftarkan diri dengan mengisi data sesuai KTP maka pihak penyelenggara akan melakukan pengecekan kepada pihak Dukcapil serta pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Kita akan bangun hubungan secara virtual dengan pihak Dukcapil, untuk mengecek NIK dan melihat apakah pendaftar betul-betul di atas 18 tahun. Kemudian kita juga akan mengecek ke pihak Kemendikbud, apakah yang bersangkutan sedang bersekolah, kuliah, atau pun tidak keduanya," kata Denni.

Selain itu para pendaftar itu juga diwajibkan untuk melaksanakan tes secara online, usai mereka mendaftar dengan memasukkan data diri mereka tersebut.

Denni memastikan bahwa bentuk tesnya nanti hanyalah format tes sederhana karena hanya mencakup tes motivasi dan kemampuan dasar.

"Tes ini harus dilalui semua peserta. Jadi setelah mendaftar dan memasukkan data diri, kemudian teman-teman akan langsung mengikuti tes secara online," kata Denni.

Jumlah soal dalam tes kata dia relatit tak banyak. Disebutkan sebelumnya bahwa peserta kartu prakerja akan mendapatkan dana Rp3,55 juta sebagai bantuan dari pemerintah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya