24 Hotel di Medan Tutup Imbas Corona, Pegawai Dirumahkan

VIVA – Penyebaran virus corona atau Covid-19  berdampak dengan aktivitas hotel dan restoran tidak ada lagi pengunjungnya. Dengan kondisi tersebut, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumut mencatat ada 24 hotel di Kota Medan memilih tutup sementara saat ini.

Kasus Mayat Bayi Dibuang Sang Ayah di Tanah Abang, Polisi: Hasil Aborsi Digugurkan di Hotel

"Saya perkirakan yang tutup sementara lebih dari 24 hotel. Namun yang melapor ke PHRI  Sumut hanya 24 hotel," sebut ?Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) PHRI Sumut, Denny S Wardhana ?saat dikonfirmasi VIVAnews melalui pesan Whatsapp, Selasa 7 April 2020.

Denny menjelaskan untuk operasional kembali hotel belum dapat dipastikan, melihat perkembangan penanganan virus corona di Indonesia dan situasi kembali normal. ?"Jadwal pengoperasian kembali para hotel itu juga tidak dipastikan. Yang pasti melihat perkembangan wabah COVID-19," kata Denny.

Sebut Ada Rekaman CCTV Hotel, Nikita Mirzani Ingin Buktikan Arogansi Rizky Irmansyah

Selain sudah tidak ada tamu, Denny mengatakan pihak hotel mengikuti imbau pemerintah terkait dengan pencegahan dan antisipasi penyebaran virus corona dengan menghindari mobilitas massa dengan jumlah besar.

Penghentian operasional hotel itu berbeda-beda waktunya, ada yang dimulai sejak 1 April 2020 seperti Garuda Plaza Medan. Ia menjelaskan penutupan sementara itu, untuk mengurangi beban kerugian dampak Covid-19.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Sejak surat resmi permohonan relaksasi dilayangkan PHRI Sumut ke berbagai instansi pada 17 Maret 2020, belum ada satupun pihak yang menanggapi. "Permintaan relaksasi itu mengingat bisnis Covid-19, okupansi (tingkat hunian hotel) di Sumut tinggal sekitar 20 persen," jelas Denny.

Denny mengatakan untuk karyawan hotel sampai hari ini tidak di-PHK, hanya dirumahkan saja selama operasional hotel diberhentikan sementara. 

"Meruginya pengusaha hotel dan restoran otomatis juga mengganggu kewajiban pengusaha ke karyawan dan lainnya, sehingga manajemen hotel memilih tutup sementara dan merumahkan karyawan," ungkap Denny.

PHRI berharap kebijakan pemerintah pusat dah daerah dapat menangguhkan biaya bulanan seperti pajak, BPJS Kesehatan, BPJS Tenaga Kerja, listrik, air dan gas.

"Kalau sekarang dalam kondisi ini, ada penangguhan tapi dalam realisasinya tetap. Itu biaya rutin harus dikeluarkan pelaku usaha. Kalau tidak ada tamu, bagaimana bayarnya. Meski biayanya berkurang," kata Denny.

Berikut Hotel-hotel di Kota Medan yang tutup Sementara, Imbas Virus Corona :
1. Garuda Plaza Hotel
2. D'primahotel Medan
3. Wisma Garuda 
4. Grand lubuk Raya hotel 
5. Hotel Danau Toba International Medan
6. Pardede International Medan
7. KAMA Hotel Medan
8. Raz Hotel and Convention Medan
9. Hotel syariah Grand jamee Medan
10. Putra Mulia Hotel
11. Karibia Boutique Hotel Medan
12. Favehotel
13. Grand impression
14. Sumatera Hotel
15. Grand Melati hotel
16. Citi Inn Hotel
17. Hotel Antares
18. Swiss Belinn 
19. Jangga House Bake and Breakfast
20. Hermes Palace Hotel
21. Grand Kanaya Hotel
22. Grand Delta Hotel
23. Hotel Radisson
24. Hotel Madani
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya