Siap-siap, Pendaftaran Gelombang ke-4 Kartu Prakerja Dibuka Bulan Ini

Peluncuran situs resmi Kartu Prakerja
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Pemerintah kembali berencana untuk membuka kepesertaan program kartu prakerja gelombang ke-4. Upaya itu dilakukan setelah manajemen pelaksana program memperoleh landasan hukum baru melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 76 Tahun 2020.

Kebutuhan Green Job 2030 Diproyeksikan Capai 4,4 Juta, Prakerja Siapkan Pelatihan Green Skills

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, mengatakan, gelombang atau batch ke-4 dari program itu direncanakan mulai dibuka pada akhir bulan ini. Dia menjamin bahwa program ini akan terus berlanjut dengan tata kelola dan akuntabilitas yang terus membaik.

"Komite mengharapkan agar batch 4 dapat segera dibuka pada akhir Juli 2020," kata Susiwijono saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin, 13 Juli 2020.

Program Kartu Prakerja Awal 2024 Dijatah Kuota 1,14 Juta Peserta, Begini Syarat Daftarnya

Adapun rencana kuota yang akan dibuka, yakni mencapai 500 ribu orang peserta yang memberi prioritas pada pekerja terdampak tekanan ekonomi akibat wabah COVID-19. Data para pekerja terdampak itu akan didasari dari daftar putih Kementerian Ketenagakerjaan.

"Mungkin kuotanya 500 ribu orang lebih dan memberi prioritas kepada pekerja terdampak yang mendapat daftar putih dari Kemenaker," tutur dia.

Manajemen Pelaksana: Program Kartu Prakerja Buka di Semester I-2024

Pemerintah telah membuka tiga gelombang kepesertaan program Kartu Prakerja. Jumlah orang yang sudah mendaftar tercatat mencapai 11,2 juta orang, sedangkan jumlah peserta yang terdaftar program itu sebanyak 680.918 orang. (art)

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto,Hadiri Sidang Perselisihan Hasil Pilpres

Airlangga dan Muhadjir Kompak Bela Presiden Jokowi dalam Sidang Sengketa Pilpres

Muhadjir Effendy dan Airlangga Hartarto kompak membela Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024