Ini Cara Memanfaatkan Prakerja, Tingkatkan Berbagai Macam Kemampuan

Ilustrasi Pelatihan Kerja
Sumber :
  • ist

JAKARTA – Program Prakerja adalah inisiatif pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan pelatihan vokasi dan soft skill kepada masyarakat agar dapat meningkatkan keterampilan dan daya saing mereka dalam dunia kerja. Program Prakerja telah menjadi salah satu inisiatif yang penting bagi pemerintah Indonesia dalam memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka. 

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Program Prakerja menyediakan akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan pelatihan dan sumber daya yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja. Peserta dapat memilih dari berbagai program pelatihan yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga mitra, yang mencakup beragam bidang keterampilan dan industri. Scroll lebih lanjut.

Salah satu platform digital Prakerja, Karier.mu, menyediakan pelatihan sesuai dengan tren dan kebutuhan penerima program beasiswa dari pemerintah. Dalam upaya mencapai tujuan itu, merea telah menghadirkan dua inisiatif unggulan, yaitu live room dan coaching clinic, yang berperan dalam mendukung lembaga pelatihan mitra mereka dan memastikan Program Kartu Prakerja mencapai standar kualitas tinggi.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Live room, sebuah forum daring yang digelar setiap hari antara pukul 10.00 hingga 15.00 WIB, berfungsi sebagai wadah bagi mitra lembaga pelatihan untuk berdialog dan bertanya jawab dengan tim. Melalui platform ini, diskusi yang terjalin antara kedua belah pihak memungkinkan penyusunan pelatihan yang tepat sasaran dan sesuai dengan standar Prakerja dapat dilakukan dengan lebih efisien. Kolaborasi aktif ini membantu memastikan bahwa program pelatihan yang diselenggarakan memiliki relevansi yang tinggi dengan kebutuhan dunia kerja.

Mengasah Keterampilan Berpikir Siswa Lewat Sustainable Innovation Fair

Di sisi lain, coaching clinic merupakan inisiatif lain yang sangat penting. Setiap hari Selasa, dari pukul 09.00 hingga 17.00 WIB, sesi 1-on-1 ini ditujukan untuk mendampingi dan mempercepat perbaikan program pelatihan yang telah diajukan oleh lembaga mitra melalui platform digital tersebut. Dengan adanya coaching clinic ini, lembaga pelatihan dapat mendapatkan masukan dan catatan dari pihak kurator untuk mengoptimalkan program mereka agar mencapai kualitas terbaik.

Coaching clinic ini akan sangat membantu peserta Prakerja dalam memastikan jumlah dan variasi pelatihan yang ditawarkan dalam Program Kartu Prakerja memiliki standar kualitas tinggi,” ujar Rangga Septyadi, Chief of Kariermu dalam keterangannya.

Ilustrasi Pelatihan Kerja

Photo :
  • ist

Seperti diketahui, melalui program Prakerja, masyarakat umum memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan teknis dalam berbagai industri, seperti teknologi informasi, manufaktur, perhotelan, pertanian, dan banyak lagi. Keterampilan teknis ini dapat membantu peserta menjadi lebih siap untuk menghadapi persaingan di pasar kerja.

Dengan kemampuan yang ditingkatkan melalui program Prakerja, masyarakat umum memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan berpenghasilan lebih tinggi. Ini membantu mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Selain itu, mereka menjalin kolaborasi dengan Universitas Negeri Semarang untuk mengadakan Unnes Career Expo. Acara ini bertujuan untuk mensosialisasikan program Kartu Prakerja 2023 kepada calon peserta yang saat ini tidak terlibat dalam pendidikan formal maupun masyarakat umum yang berkeinginan meningkatkan keterampilan melalui beragam pelatihan yang disediakan oleh Program Kartu Prakerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya