Kembali Digelar, Hijrahfest Hadir di Bandung 28-30 Juli 2023

Hijrahfest Bandung.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Setelah sukses digelar di Padang, Sumatera Barat pada Januari 2023 lalu dalam rangkaian acara Visit Beautiful West Sumatera, kini Hijrahfest kembali hadir. Giliran warga Kabupaten Bandung dan sekitarnya yang menjadi tuan rumah perhelatan Hijrahfest Bandung Bedas, yang diselenggarakan di Bale Rame Soreang, Gedung Budaya Soreang, Bandung pada pada 28 hingga 30 Juli 2023.

Indonesia and Uruguay Explore Cooperation in Halal Products

Kali ini, Hijrahfest hadir dengan menggelar pameran aneka produk industri halal seperti halal fashion, halal food/ kuliner, halal travel, properti syariah, financial technology syariah, permainan anak, healthcare, halal beauty care dan aneka produk lainnya.

Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Selain pameran, ada rangkaian acara talkshow, sharing dan motivasi yang disampaikan oleh narasumber seperti para asatidz, baik skala lokal, nasional dan internasional yang didampingi oleh para artis, influencer hingga selebgram Tanah Air,

Hijrahfest Bandung Bedas merupakan hasil kolaborasi dan atas dukungan banyak pihak, dari Pemerintah Kabupaten Bandung, Polda Jabar, Muspida, perusahaan sponsor, para tenant pelaku UMKM, artis, asatidz pengisi acara serta komunitas penggerak dakwah yang tergabung dalam aneka komunitas yang hadir mengisi booth di acara ini.

Resmi Kantongi Sertifikat Halal Seumur Hidup, Manajemen Dunkin Ungkap Alasan Hilangnya Kata Donuts

Hijrahfest sendiri merupakan event perniagaan yang disuguhkan dalam bentuk pameran aneka produk halal yang dihasilkan para pelaku usaha UMKM, serta dimeriahkan dengan performance para narasumber melalui talkshow, sharing ilmu dan inspirasi yang disampaikan di area panggung utamanya.

"Hari ini, bertepatan 10 Muharram, Hari Assyura yang memiliki sarat keutamaan. Hari ini adalah hari di mana Nabi Adam taubatnya diterima setelah diturunkan dari Surga, Nabi Nuh diturunkan dari Kapal setelah banjir, Nabi Ibrahim selamat dari bakaran Raja Namrud, Nabi Yusuf selamat dari penjara, Nabi Yunus keluar dari perut Ikan Nun, Nabi Ayyub sembuh dari sakit kulit dan banyak lagi kisah lainnya yang menunjukkan sejarah mulianya hari ini. Termasuk dengan dibukanya acara Hijrahfest Bandung Bedas di Soreang, Kabupaten Bandung," ungkap Arie Untung selaku penggagas saat memberikan sambutan di momentum opening ceremony Hijrahfest Bandung Bedas, Jumat, 28 Juli 2023.

Ia lantas mengatakan bahwa hadirnya Hijrahfest di Bandung bertujuan untuk mempererat dan memperkuat tali silaturahmi, juga mendorong UMKM atau brand owner sebagai pelaku industri halal untuk tumbuh bersama.

“Sebagaimana saat Hijrahfest hadir, awalnya adalah untuk menjawab kecemasan kawan-kawan yang baru ngaji atau hijrah itu, yang baru buka usaha, dagang tapi tidak ada pembeli, kita coba buat wadah dengan berkolaborasi banyak pihak dan komunitas. Kita hadirkan konsumen. Ternyata alhamdulillah hasilnya luar biasa,” ungkap Arie.

Senada, Direktur Utama Bank BJB Syariah, Adang Ahmad Kunandar juga menyampaikan alasan pihaknya turut menjadi bagian acara ini.

Hijrahfest Bandung.

Photo :
  • Istimewa

“Dikarenakan Hijrahfest mempunyai nilai manfaat tinggi untuk mendukung perkembangan ekonomi syariah di Kabupaten Bandung, yang tentunya hal ini sejalan dengan visi kami, sebagai satu-satunya bank Syariah yang sudah spin off,” ucapnya.

Bertumbuhnya kesadaran masyarakat muslim akan pentingnya halal lifestyle dewasa ini menuntut adanya wadah atau ruang silaturahmi langsung agar semangat kebersamaan ini selalu tumbuh dan menjadi tiang penjaga nilai agama yang utuh dalam kehidupan masyarakat Islam pada khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Tentunya hal ini sejalan dengan program pemerintah yang ingin mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Produsen Produk Halal 2024.

Sejalan dengan penjelasan Bupati Bandung, Dadang Supriatna. “Alhamdulillah Kabupaten Bandung insyaallah semakin baik, selain penurunan angka kriminalitas, terbukti naiknya angka pendapatan naik dari Rp969 M menjadi Rp1,237 T. Hal tersebut terwujud atas kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas semua pihak dengan semangat mewujudkan visi Kabupaten Bandung BEDAS (Bangkit, Edukatif,Dinamis, Agamis, dan Sejahtera) termasuk dengan memperbaiki tata kelola masyarakat dan birokrasi dengan nilai keagamaan, menuju keselamatan dunia akhirat.”

“Dengan hadirnya event Hijrahfest ini, kami berharap acara ini dapat menjadi jembatan ukhuwah bagi para stakeholder yang terlibat di dalamnya dan mendorong kebangkitan ekonomi syariah melalui tumbuhnya halal lifestyle di Indonesia secara luas terlebih di Kabupaten Bandung yang memiliki aneka UMKM yang sudah berkembang dan maju,” tutup Arie Untung

Sejumlah narasumber ternama baik dari Bandung, nasional dan internasional yang bakal hadir, di antaranya Syeikh Assim Al Hakeem, Oemar Mita, Handy Bonny, Ahmad Ridwan, Ustaz Ridho Febri, Sinyo Hendrik, Akbar Nazzary, Hilman Fauzi, Irfan Rizki Haas, Ahmad Hatta, Haneen Akira, Dudi Muttaqien, Adi Pratama L, Mirani Mauliza, dan teman-teman artis Musawarah, seperti Arie Untung-Fenita Arie, Teuku Wisnu-Shireen Sungkar, Irwansyah-Zaskia Sungkar, Dimas Seto-Dhini Aminarti, Taqy Malik, Natta Reza, Salim Bahanan, Muzammil, Fuadh Naim, Risco Aditama dan lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya