Bright Gas Laku Dijual, Pertamina Ganti Tabung LPG 12 Kg Jadi Pink

Pekerja menata tabung Liquefied Petroleum Gas (LPG) Bright Gas 5,5 kilogram
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA – PT Pertamina akan melakukan pertukaran peredaran produk gas elpiji (LPG) 12 kilogram warna biru, menjadi tabung 12 kilogram Bright Gas warna pink di pasaran.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina, Putut Andriatno menjelaskan, sebenarnya tabung 12 kg Bright Gas warna pink sudah bisa didapatkan oleh masyarakat sejak lama.

"Tepatnya yakni sejak Bright Gas mulai dipasarkan sekitar tahun 2016-an," kata Putut saat dihubungi VIVA, Rabu, 11 November 2020.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Namun, Putut menegaskan bahwa proses pergantian peredaran tabung warna biru ke tabung Bright Gas warna pink itu, memang baru akan digencarkan oleh pihaknya dalam beberapa waktu terakhir ini.

Bahkan, saat ini Pertamina sedang membuat promo guna mengajak para konsumennya untuk melakukan penukaran tabung biru ke tabung pink. "Sifatnya tidak wajib, dan penukaran ini tidak berbatas waktu," ujar Putut.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Putut menjelaskan, program ini awalnya semakin digencarkan karena ternyata respons pasar terhadap penjualan Bright Gas cukup bagus.

Apalagi, seiring waktu berjalan, mulai banyak konsumen yang mempertanyakan kepada para agen, apakah tabung gas warna biru bisa ditukarkan penggunaannya dengan tabung Bright Gas warna pink.

Mengingat, sebenarnya secara isi gas, baik kuantitas maupun kualitas dari kedua jenis tabung itu, tidak ada perbedaan sama sekali.

"Lalu banyak yang menanyakan apakah tabung biru bisa ditukar menjadi tabung pink (Bright gas), sehingga Pertamina membuat program tersebut," ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Vice President Corporate Communications PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman, juga menjamin bahwa secara kualitas dan kuantitas kedua jenis tabung itu tidak akan ada perbedaan sama sekali.

"Semua sama, kualitas tabung, volume isi tabung, serta harga. Yang beda hanya warna," ujarnya.   

Baca juga: Pertamina Resmikan 3 SPBU Program BBM Satu Harga di Nias Selatan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya