Mayoritas Konsumen di Kota-kota Ini Yakin Ekonomi Akan Membaik

Bank Indonesia
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Bank Indonesia mengumumkan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Indonesia terhadap kondisi ekonomi meningkat pada November 2020. Mayoritas berada di luar Jawa.

Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Ekonomi Sirkular

Survei Konsumen Bank Indonesia November 2020 menunjukkan IKK pada bulan itu sebesar 92,0, meningkat dibandingkan 79,0 pada bulan sebelumnya.

Peningkatan itu ditopang oleh membaiknya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan, tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang meningkat.

Pemberlakuan Tax Holiday saat Pajak Minimum: Untung atau Buntung?

Pada November 2020, IEK meningkat menjadi sebesar 123,9 dari sebelumnya sebesar 106,6. Begitu juga dengan Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) naik menjadi 60,1 dari 51,5.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyatakan, keyakinan konsumen terpantau menguat di seluruh kategori tingkat pengeluaran dan kelompok usia responden.

Ketertarikan China terhadap Minyak Nigeria

"Terutama responden berpengeluaran di atas Rp5 juta per bulan. Dari sisi usia kenaikan IKK juga terjadi pada seluruh kelompok usia," ungkap Erwin, Selasa, 8 Desember 2020.

Dilihat secara spasial, Erwin mengungkapkan, IKK November 2020 terpantau meningkat di 17 kota yang menjadi cakupan pelaksanaan survei. Dengan yang tertinggi Pontianak.

"Kenaikan tertinggi terjadi di Kota Pontianak 31,3 poin, diikuti Samarinda 22,7 poin dan Bandar Lampung 22,1 poin," tutur Erwin. (art)

Baca juga: JAS Perkuat Kemampuan Tangani Produk Farmasi dan Vaksin COVID-19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya