Logo DW

Ada Pandemi Corona dan Lockdown, Penjualan Permainan Papan Melonjak

Annkathrin Weiss/REUTERS
Annkathrin Weiss/REUTERS
Sumber :
  • dw

Meningkatnya permintaan permainan papan selama pandemi corona membuat perusahaan harus berinvestasi untuk meningkatkan kapasitas produksi. Tren saat ini menunjukkan peningkatan minat permainan papan di antara orang dewasa. Omset segmen permainan papan global mencapai sekitar USD 15 miliar dan tumbuh lebih cepat dari pasar mainan lain.

"Permainan teka-teki untuk orang dewasa meningkat sekitar 50%," kata Hermann Hutter, presiden yayasan penerbit permainan Jerman, Spieleverlage e.V. kepada DW.

"Kami tumbuh di semua wilayah selama setahun terakhir. Kami tumbuh paling cepat di AS dan di Inggris," kata Clemens Maier, Direktur Utama salah satu perusahaan permainan terbesar Jerman, Ravensburger. Tahun lalu, Ravensburger meningkatkan pendapatannya sebesar 20%, dan untuk permainan papan sebesar 22%.

Permainan papan klasik kembali dicari

Secara khusus, permainan teka-teki dan permainan papan klasik yang tumbuh paling cepat, dengan tren bahwa banyak orang tua yang kembali ke petualangan masa kecil mereka dan menemukan kembali permainan papan.

"Game dengan permintaan tertinggi adalah apa yang kami sebut evergreen game, yang memiliki keakraban dan sejarah yang sudah ada," kata Samuel Susz, direktur Pemasaran Global di Spin Master yang berbasis di Toronto. Perusahaan mainan dan hiburan Kanada itu mengaku mengalami "tahun yang sangat produktif", dengan penjualan ritel di AS tahun 2020 mencatat pertumbuhan 25% dibanding tahun sebelumnya.

"Dulu, anak-anak bermain permainan papan sampai usia 12 tahun, tapi belakangan, banyak yang sudah beralih ke permainan digital pada usia sekitar 8 tahun", kata Hermann Hutter. Tapi di masa pandemi corona, permainan papan dicari orang lagi, terutama para orang tua untuk anak-anak mereka.