INACA Susun Proyeksi Industri Penerbangan Nasional Kembali Pulih

Ilustrasi Industri Penerbangan
Ilustrasi Industri Penerbangan
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA – Indonesia National Air Carriers Association (INACA) tengah menyelesaikan white paper industri penerbangan nasional. Asosiasi perusahaan penerbangan di Tanah Air ini tak memungkiri sektor transportasi, khususnya angkutan udara paling terdampak dengan pandemi COVID-19.

Ketua Umum INACA, Denon Prawiraatmadja mengatakan, pihaknya telah melakukan kajian yang mendalam dan bekerja sama dengan para akademisi perguruan tinggi serta didukung juga oleh Kementerian dan lembaga terkait industri penerbangan nasional dalam penyusunan white paper ini.

"White paper ini adalah rilis resmi INACA berisikan tentang proyeksi kapan penerbangan nasional akan pulih seperti keadaan normal sebelum pandemi ini terjadi,” kata Denon dikutip dalam keterangan tertulis, Jumat, 26 Maret 2021.

Baca juga: Alasan Kadin se-Jatim Mantap Dukung Anindya Bakrie Jadi Ketum

Ia mengatakan, pada tahun 2018 dan 2019 jumlah penumpang angkutan udara mencapai 100 juta orang, bahkan sampai mencapai 115 juta pemumpang dengan komposisi 80 persen domestik dan 20 persen internasional

Pria yang juga menjabat sebagai CEO Whitesky Aviation ini menambahkan, dalam penyusunannya yang di mulai sejak akhir tahun lalu pihaknya telah melakukan sedikitnya tiga kali Focus Group Discussion (FGD) yang mengundang para ahli di bidangnya.

Di antaranya turun mengundang Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo. Selain itu ada perwakilan dari Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kementerian Kesehatan yang membahas tentang sejauh mana penanggulangan COVID-19 dilakukan dan juga pendistribusian vaksin.

Halaman Selanjutnya
img_title