Pertamina Terus Upayakan Pemadaman Kebakaran Kilang Balongan

Kondisi kilang minyak Indramayu.
Sumber :
  • (ANTARA/Ho Warga)

VIVA – Telah terjadi insiden di Kilang Minyak Pertamina Balongan yang menyebabkan terjadinya kebakaran pada tangki T-301G pada Senin dini hari, 29 Maret 2021 yang dimulai sekitar pukul 00.45 WIB.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Saat ini tim Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) Kilang Pertamina Balongan tengah fokus melakukan pemadaman api di kilang yang berlokasi di Desa Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya mengatakan penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

"Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran," jelas Ifki dalam keterangan tertulisnya, Senin 29 Maret 2021.   

Sementara itu, kata dia, Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Pertamina meminta warga sekitar untuk tetap tenang, dan menjauh dari lokasi kebakaran. Saat insiden terjadi, ada 4 warga yang tengah melintas sehingga mengalami luka bakar dan langsung dirujuk untuk perawatan intensive di RSUD Indramayu. 

Sedangkan, untuk saat ini dilakukan juga pemblokiran jalan menuju sekitar lokasi kejadian, dibantu oleh TNI.

"Dengan adanya insiden ini, Pertamina memastikan bahwa pasokan BBM ke masyarakat tidak terganggu dan saat ini masih berjalan normal," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya