Detik-detik Meledak dan Terbakarnya Kilang Minyak Balongan Indramayu

Terbakarnya Kilang Minyak RU VI Pertamina Balongan.
Sumber :
  • twitter @jakartaakeras

VIVA – Kilang minyak milik PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat meledak dan terbakar pada Senin dini hari Sekitar pukul 00.45 WIB. Ledakan hebat itu membuat warga panik dan berhamburan.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Dikutip dari laporan tvOne, dijelaskan bahwa kobaran api membumbung tinggi saat api melahap kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan. Bahkan, kebakaran ini membuat ledakan hebat hingga terdengar di radius 5 kilometer dari lokasi.

Dari ledakan yang terdengar berulang kali tersebut membuat warga di sekitar menjadi panik dan berhamburan untuk menyelamatkan diri. Sementara, untuk warga yang mengalami luka bakar dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Adapun lokasi dari kilang minyak Balongan ini berada di Desa Majakerta, Kecamatan Balonga, Kabupaten Indramayu. Kilang yang beroperasi untuk mengolah minyak ini sangat mudah terbakar sehingga membuat api menjadi semakin besar hingga pagi ini.

Kemudian, berdasarkan laporan BPBD Kabupaten Indramayu tercatat ada 70 korban terdampak kebakaran. Sementara, berdasarkan laporan Pertamina ada empat warga menjadi korban karena kebetulan melintas di jalan dekat kilang yang meledak.

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Sampai berita ini diberitakan, kondisi kilang minyak di Balongan belum juga padam dan tim dari Health Safety, Security and Environment (HSSE) dari unit kilang terdekat yakni Kilang Pertamina Cilacap, Pertamina EP, Kilang Pertamina Plaju serta Unit Pemadam Kebakaran setempat mengupayakan pemadaman kebakaran kilang.

Sebelumnya, Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya mengatakan penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

"Saat ini juga tengah dilakukan normal shutdown untuk pengendalian arus minyak dan mencegah perluasan kebakaran," jelas Ifki dalam keterangan tertulisnya, Senin 29 Maret 2021.   

Sementara itu, kata dia, Pertamina telah menyiapkan tempat untuk evakuasi dan pengungsian sementara bagi warga sekitar di GOR Perumahan Bumi Patra dan Pendomo Kabupaten Indramayu.

Laporan kontributor tvOne: Opih Riharjo/Indramayu Jawa Barat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya