H-4 Ramadhan, Polri Sebut Stok Pangan Sampai Lebaran Aman

Tim Satgas Pangan Kota Surabaya berdialog dengan pedagang saat melakukan inspeksi mendadak di Pasar Pucang Anom, Surabaya, Jawa Timur
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Moch Asim

VIVA – Badan Reserse Kriminal Polri memastikan kalau stok pangan selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah hingga Lebaran cukup.

Satgas Pangan Blak-Blakan Soal Penyebab Gagal Panen Bawang Merah di Brebes

Kepala Bareskrim Polri, Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto menyebut ketersediaan pangan sejauh ini terpantau masih cukup. Namun demikian, Polri dalam hal ini Satuan Tugas Pangan tetap melakukan pemantauan terkait indikasi penimbunan bahan pangan.

"Cadangan (pangan) cukup sampai dengan Lebaran," ujar dia kepada wartawan, Jumat 9 April 2021.

Satgas Pangan Polri Sidak Gudang Bawang Merah di Brebes, Awasi Penimbunan

Dirinya menambahkan, tim Satgas Pangan sudah bekerja mencari adanya indikasi penimbunan pangan yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab. 

Kata Agus, pihaknya akan menindak tegas siapapun yang nekat menimbun pangan dengan tujuan menguntungkan diri sendiri.

Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Basuki untuk Revitalisasi Pasar Muara Bungo Jambi

"Ketersediaan yang utama, stabilisasi harga pangan dengan mencegah terjadinya penimbunan. Kalau terjadi dan kami temukan akan ditindak tegas oleh Satgas Pangan," katanya lagi.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi juga menyatakan bahwa harga-harga bahan panganan pokok masyarakat Indonesia hingga saat ini stabil dan cenderung terjangkau. 

Hal itu, kata Lutfi terlihat dari harga cabai dan bawang yang stabil dan cenderung turun usai meninjau harga dan stok di Pasar Induk Kramat Jati, Rabu,7 April 2021 untuk menghadapi Puasa Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 2021.

"Saya sengaja ke pasar Induk Kramat Jati untuk periksa hulunya. Bisa kita lihat tadi semua barang hampir bisa dibilang stabil bahkan menurun," kata dia pagi ini.

Dia menyebutkan sejumlah harga komoditas yang stabil diantaranya bawang merah dan bawang putih yang di kisaran antara Rp18-21 ribu di bawah Harge Eceran Tertinggi (HET).

"Harga bawang stabil antara Rp18-21 ribu artinya di pasar ritel tambah Rp1.000 masih di bawah HET. Harga bawang putih juga stabil Rp18-21 ribu," papar Lutfi.

Selain itu, dia mengatakan, harga cabai merah kriting terpantau stabil. Tadinya sempat di kisaran Rp100 ribu bahkan saat ini diklaimnya mulai mendekati Rp70 ribu.

"Ketika nanti panen akan turun lagi, begitu juga dengan cabai merah dan cabai merah kriting, jadi saya bisa pastikan puasa Ramadhan tahun ini harga stabil, terjangkau," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya