Bangganya Warga Purbalingga Mendarat Langsung di Kampung Halaman

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyambut pesawat perdana di Purbalingga.
Sumber :
  • VIVA/Teguh Joko Sutrisno

VIVA – Bandara Jenderal Besar Soedirman, hari ini, 3 Juni 2021, untuk pertama kalinya melayani penerbangan komersil. Pesawat pertama yang mendarat adalah Citilink jenis ATR dari Surabaya. 

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

34 penumpang komersil pertama yang mendarat di bandara baru itu mayoritas berasal dari Purbalingga yang pulang kampung. Kedatangan para penumpang komersil pertama tersebut, disambut langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, didampingi Bupati Purbalingga, jajaran pejabat lainnya.

Momen ini pun menjadi daya tarik bagi warga sekitar yang jarang-jarang melihat pesawat. Ada ratusan warga Purbalingga bersorak-sorak menyambut pendaratan pesawat komersil perdana tersebut.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Aditya, salah satu penumpang yang ikut pesawat Citilink tersebut mengaku lega karena kini ia tak perlu menempuh waktu perjalanan yang lama dari Surabaya.

"Alhamdulillah sudah ada bandara di sini, dan kami jadi penumpang pertama. Senang sekali rasanya, cuma satu jam lah. Biasanya kalau naik kereta atau bisa sampai 10 jam dari Surabaya," kata Aditya yang kali ini pulang kampung mengajak anaknya naik pesawat.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Sementara itu, di ruang transit beberapa calon penumpang yang akan berangkat ke Jakarta seperti tak sabar untuk terbang. Beberapa diantaranya bahkan baru pertama kali ini akan naik pesawat dan memanfaatkan momen penerbangan perdana di Bandara JBS Purbalingga.

"Bangga mas. Ini mau ke Jakarta, dan ini baru pertama naik pesawat dari Purbalingga ke Jakarta. Biasanya naik kereta, travel atau bus. Wah, lama. Sekarang ada bandara, kemana-mana jadi gampang dan cepat. Kalau bisa sih maskapainya tidak hanya satu ya," kata Linto, warga Purbalingga dengan logat ngapaknya yang khas.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku bangga dibukanya Bandara Jenderal Soedirman Purbalingga sebagai bandara komersil yang telah puluhan tahun dimimpikan. 

Sebab, kata Ganjar, pembangunan bandara ini harus melalui proses panjang, bahkan pembahasan bandara itu sudah dilakukannya sejak ia masih menjadi anggota DPR RI.

"Ini mimpi besar sejak puluhan tahun dan hari ini terlaksana. The dream come true," kata Ganjar.

Ia berharap, Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga bisa menjadi awal yang baik untuk peningkatan ekonomi di wilayah Jateng bagian tengah, seperti Banjarnegara, Banyumas, Pemalang, Cilacap, Kebumen dan lainnya.

Untuk saat ini Bandara JBS Purbalingga baru melayani penerbangan Citilink rute Surabaya Juanda-Purbalingga-Jakarta Halim dan sebaliknya. Tiket juga sudah bisa dipesan melalui berbagai aplikasi online.

Laporan kontributor tvOne: Teguh Joko Sutrisno/Semarang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya