IHSG Menguat, Intip Rekomendasi Saham Hari Ini

Karyawan mengamati layar yang menampilkan informasi pergerakan IHSG di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (26/6/2020). (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 22 poin atau 0,37 persen di level 6.101 pada pembukaan perdagangan Selasa, 13 Juli 2021.

Kelihatan Sehat, Begini Kondisi Tukul Arwana Setelah 3 Tahun Berjuang dengan Stroke

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa IHSG memiliki potensi untuk bergerak mendatar cenderung mencoba menguat pada perdagangan hari ini.

"Setelah sebelumnya saham BBCA, ARTO, BBHI, UNVR, dan CPIN menguat menjadi leader pendorong IHSG," kata Lanjar dalam riset hariannya, Selasa 13 Juli 2021.

Dibuka menguat, IHSG Ditopang Sentimen Positif Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal I-2024

Baca juga: Resep Obat Covid dari UAS

Lanjar menjelaskan, penguatan bursa regional seperti Jepang dan Tiongkok, menjadi salah satu faktor utama setelah penguatan mayoritas saham Wall Street akhir pekan lalu yang mengirim ke level rekor tertinggi baru.

6 Tips Kesehatan untuk Para Jemaah Haji Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci

Saham-saham di sektor kesehatan menjadi yang ramai diminati investor, setelah adanya izin penjualan vaksin mandiri dan potensi bisnis di sektor kesehatan akibat peningkatan angka COVID-19 di Indonesia.

Secara global, investor masih akan tetap khawatir tentang penyebaran varian delta dan perlambatan tingkat vaksinasi, sambil mempertimbangkan kapan The Fed akan mulai mengurangi stimulus.

Secara teknikal, IHSG bergerak bullish setelah berhasil break out bearish trendline dan mencoba menguji upper bollinger bands, hingga resistance fractal di 6.117-6.130. Meskipun demikian momentum pergerakan dari Indikator Stochastic dan RSI memberikan sedikit tekanan yang akan menjadi alasan trader untuk bersikap konsolidasi.

"Diperkirakan IHSG berpotensi bergerak mendatar cenderung mencoba menguat atas level MA5, pada support resistance 6.027-6.100," ujarnya.

Selain itu, Lanjar juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni ASRI, BBNI, INKP, JPFA, KLBF, LSIP, MAIN, MEDC, PWOM, SMRA, TKIM, UNVR.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya