Menkeu Umumkan Anggaran PC-PEN Naik Jadi Rp744,75 Triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat menyampaikan keterangan pers.
Sumber :
  • instagram @smindrawati

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa anggaran penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional atau PC PEN naik menjadi Rp 744,75 triliun. Anggaran ini mengalami kenaikan dari sebelumnya yakni Rp699,43 triliun.

Seratus Kementerian Pun Tak Masalah jika untuk Akselerasi Kinerja, Menurut Pakar Politik

Sri mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menyetujui naiknya anggaran untuk PC PEN ini. Anggaran terbesar masih dialokasikan untuk sektor kesehatan dengan Rp214,95 triliun.

"Sudah juga saya sampaikan di dalam rapat dengan DPR untuk laporan semester angka masih di 699,43 untuk program penanganan COVID dan pemulihan ekonomi. Sekarang dengan keputusan yang tadi telah disetujui oleh Bapak Presiden akan naik menjadi 744, 75 triliun," kata Sri, dalam konferensi pers virtual, Sabtu 17 Juli 2021

Pakar: Penambahan Kementerian yang Direncanakan Prabowo Harus Ubah Regulasi

Alokasi anggaran untuk sektor kesehatan mengalami kenaikan dari yang sebelumnya sebesar Rp193,93 triliun menjadi Rp214,95 triliun. Sedangkan dukungan untuk sektor UMKM dan korporasi turun dari Rp171,77 triliun menjadi Rp161,20 Triliun

"Kesehatan naik lagi dari 193,93 menjadi 214,95, Perlinsos naik dari 153, 86 menjadi 187, 84, program prioritas masih sama, insentif usaha masih sama, dan dukungan UMKM dan korporasi menurun sekitar 10 triliun jadi total akan perlu tambahan 55,2 triliun," ujarnya.

Mahfud Khawatir Korupsi Meluas dan Merusak Negara jika Jumlah Kementerian Bertambah

Dia mengatakan akan membutuhkan tambahan sekktar Rp55,2 triliun. Untuk itu Pemerintah akan kembali melakukan penyisiran berbagai anggaran di kementerilan, lembaga maupun daerah agar dapat dialihkan untuk penanganan COVID-19 dan Pemulihan ekonomi nasional

"Kami akan melakukan refocusing lagi untuk terus meneliti dan menyisir anggaran-anggaran baik di Kementerian lembaga maupun daerah supaya semuanya ditujukan prioritasnya sekarang adalah membantu rakyat menangani COVID dan untuk membantu agar dunia usaha bisa pulih kembali," ujarnya.

Ganjar Pranowo Hadiri Acara Halal bi Halal TPN di Posko Pemenangan

Prabowo Mau Buat Presidential Club, Ganjar: Bagus-bagus Aja

Ganjar Pranowo itu menilai akan sangat bagus jika pembentukan Presidential Club bertujuan untuk silaturahmi antar presiden terdahulu.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024