Bocoran Pembukaan Pendaftaran Program Kartu Prakerja Gelombang 18

Ilustrasi pendaftar Kartu Prakerja.
Ilustrasi pendaftar Kartu Prakerja.
Sumber :
  • tvOne.

VIVA – Pemerintah memutusakan untuk melanjutkan stimulus Progran Kartu Prakerja guna membantu masyarakat di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM, berdasarkan level saat ini. Program tersebut diharapkan dapat membantu para pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Dengan diperpanjangnya stimulus tersebut, artinya kini Program Kartu Prakerja sudah mencapai gelombang 18 sejak diluncurkan pada 2020. Lalu kapan pendaftarannya akan dibuka?

"Pembukaan gelombang 18 akan kami umumkan begitu sudah ada keputusan dari Komite Cipta Kerja," ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada VIVA, dikutip Kamis, 5 Agustus 2021.

Sebelumnya, Menteri Keuangan sri Mulyani mengungkapkan, total anggaran Kartu Prakerja kali ini adalah Rp30 triliun. Nantinya, diharapkan anggaran tersebut bisa menjangkau sebanyak 8,4 juta orang.

Baca juga: Jadi Negara Maju, Ekonomi RI Harus Tumbuh Minimal 6 Persen Mulai 2022

Untuk program Prakerja Gelombang 18 ini, nantinya setiap penerima akan mendapatkan biaya pelatihan senilai Rp1 juta dan mendapatkan insentif sebesar Rp600 ribu per bulan untuk empat bulan. Artinya, secara keseluruhan total bantuan yang didapatkan adalah sebesar Rp2,4 juta dan tambahan dana Rp50 ribu untuk pengisian survei.

Berikut ini cara mendaftar Program Kartu Prakerja, seperti dijelaskan di laman resmi prakerja.go.id.