Pedagang Tradisional di Medan Mengeluh Sepi Pembeli Imbas PPKM

Pedagang Cabai di Salah Satu Pasar di Kota Medan
Sumber :
  • VIVA/ Putra Nasution

VIVA – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Medan, Sumatera Utara, pada pekan kedua bulan Agustus 2021, terpantau membuat sepi pembeli. Hal ini dikeluhkan para pedagang. Walau harga bahan pokok di Pasar Tradisional di Kota Medan, terpantau stabil. 

Harga Bawang Putih di Gianyar Naik Capai Rp 55 Ribu per Kilogram

Hal itu, diungkapkan oleh pedagang di Pusat Pasar Medan, Sadrak Tamba kepada wartawan, Jumat 13 Agustus 2021. Ia menjelaskan PPKM diperpanjang berdampak dengan stok kebutuhan pokok berlimpah, karena penjualan terus menurun.

"Harga-harga masih stabil seperti hari ini harga cabai merah Rp24.000 per kg, cabai hijau Rp20.000  per kg, cabai rawit Rp26.000 per kg. Sedangkan harga bawang merah ada dua jenis yang asal Jawa Rp30.000  per kg, yang lokal asal Samosir Rp26.000 per kg. Kalau harga bawang putih Rp26.000 per kg. Sementara untuk harga tomat Rp8.000 per kg," jelas Sadrak.

Harga Daging Ayam dan Cabai di Pasar Tradisional Bandung Meroket

Penjualan sepi disebabkan para pelaku usaha kuliner membatasi pembelian, karena ada pembatasan jam operasional hingga pukul 20.00 WIB selama penerapan PPKM di Kota Medan. Hal itu kemudian ditambah daya beli masyarakat yang terus menurun. 

Sadrak juga mengatakan belum lagi pesta atau hajatan, yang tidak diperbolehkan. Karena itu, aktivitas jual-beli mengalami anjlok yang dirasakan pedagang Pasar Tridisional saat ini.

BPS Sebut Berakhirnya PPKM Berdampak Positif ke Ekonomi

"Pedagang rumah makan itu biasanya ambil cabai merah bisa sampai 10 kg, ini dikurangi 5 kg. Gitu juga kalau mereka beli cabai hijau, bawang atau tomat jumlahnya dikurangi. Alasan mereka karena PPKM waktu jualan yang terbatas dan mereka juga mengaku pembeli sepi sama kek kami," jelasnya.

Sedangkan, di Pasar Simpang Limun Medan sejumlah harga pokok juga stabil dan stok yang cukup aman. Harga cabai merah dijual Rp28.000 per kg, cabai hijau Rp20.000 per kg.

Kemudian, bawang merah bervariasi ada yang menjual di harga Rp28.000 per kg dan ada yang menjual di harga Rp32.000 per kg. Harga bawang putih Rp28.000 per kg.

Sementara itu, harga daging ayam juga stabil di harga Rp28.000 per kg. Sebelumnya harga ayam potong dijual di atas Rp30.000 per kg. Begitu juga harga daging segar di jual di harga Rp120.000 hingga Rp130.000 per kg.

"Kalau untuk harga ayam sudah sekitar 2 minggu ini kita jual Rp28.000 per kg. Harga ini menurun biasanya harga ayam selalu di atas Rp30.000 per kg. Memang dari agen turun karena stok sedang melimpah dan permintaan nggak banyak," tutur Irman, pedagang ayam potong di Pasar Simpang Limun.

Irman mengatakan penerapan PPKM ini juga membuat rumah makan mengurangi pembelian mereka. Aktivitas hajatan yang dilarang, juga berdampak pada dagangan mereka yang sepi. Jika ada acara masyarakat pun jumlah yang hadir terbatas.

"Semoga PPKM ini cepat selesailah," harap Irman. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya