Begini Strategi Jokowi Tingkatkan Ekspor Produk Pertanian RI

Presiden Jokowi
Sumber :
  • Biro Pres dan Media Istana Kepresidenan.

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa dalam upaya meningkatkan ekspor produk hasil pertanian, strategi yang harus dilakukan sejatinya tidak cukup hanya berfokus pada upaya meningkatkan produksi hasil pertaniannya.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Yang paling penting juga kita harus menguasai teknologi untuk meningkatkan produktivitas," kata Jokowi saat memimpin acara Pelepasan Merdeka Ekspor Pertanian, yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu 14 Agustus 2021.

Selain itu, Jokowi juga menekankan pentingnya melakukan hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah dan menghitung skala ekonomi dengan klasterisasi. "Ini penting sekali," ujarnya.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Kemudian lanjut Jokowi, diperlukan juga langkah mekanisasi pengembangan produk dan promosi produk berbasis digital. Presiden menilai, aspek ini juga harus dikembangkan agar produk-produk pertanian Indonesia semakin dikenal luas dan semakin kompetitif.

Selain itu, pasar dalam negeri dan luar negeri juga harus terus diperkuat. Di dalam negeri, kata Jokowi, pemerintah akan mengajak masyarakat untuk mencintai dan membeli hasil-hasil pertanian produksi dalam negeri.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Dan supaya masyarakat bisa mengonsumsi pangan yang sehat produksi bangsa kita sendiri," kata Jokowi.

Sementara untuk potensi pasar ekspor bagi produk-produk pertanian Indonesia di luar negeri, Jokowi memerintahkan kepada jajarannya agar bisa segera digarap dengan intensif, terintegrasi, terpadu dan segera masuk ke pasar-pasar di negara non-tradisional.

"Ini kesempatan kita, momentum kita yang sangat baik di kala pandemi ini sehingga potensi pasar juga bisa semakin meluas," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya