Optimisme Investor Bursa Regional Dorong Penguatan IHSG

Ilustrasi papan saham IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 21 poin atau 0,34 persen di level 6.130 pada pembukaan perdagangan Selasa 24 Agustus 2021.

Telkom Indonesia Tebar Dividen Rp 17,68 Triliun, Intip Jadwalnya

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa IHSG bakal terus melanjutkan penguatannya pada perdagangan hari ini.

"Setelah sebelumnya saham-saham di sektor teknologi, properti, dan infrastruktur menjadi pemimpin penguatan sektoral," kata Lanjar dalam riset hariannya, Selasa 24 Agustus 2021.

Komisaris hingga Direksi Bank Mandiri Dapat Kucuran Saham Program Remunerasi

Optimisme investor menyambut penguatan bursa regional terjadi setelah penguatan mayoritas indeks saham di Wall Street akhir pekan lalu. Hal itu menjadi salah satu faktor pendorong penguatan IHSG.

Baca juga: Perubahan Iklim Diproyeksi Bikin Ekonomi RI Rugi 3,45 Persen dari PDB

IHSG Dibayangi Tekanan di Akhir Pekan, Cek Rekomendasi Saham Berikut

Bursa Asia berpotensi dibuka menguat, setelah dorongan optimisme pada vaksinasi Amerika Serikat meredakan beberapa kekhawatiran atas dampak ekonomi dari kasus COVID-19 Varian Delta dan berhasil mengangkat ekuitas AS serta komoditas energi.

Secara teknikal, pergerakan IHSG mengonfirmasi rebound pada level support moving average 200 hari dengan potensi kembali pada jalur trendline yang terbentuk sebelumnya. Indikator Stochastic dan RSI memberikan signal momentum bullish, setelah terkonsolidasi pada area dekat oversold.

Indikator MACD bergerak divergence dengan histogram dan memberi sinyal kembali pada zona positif. Arah pergerakan IHSG juga akan mencoba bertahan di atas level 6.100, sebagai konfirmasi penguatan tren. 

"Sehingga diperkirakan IHSG berpotensi menguat dengan support-resistance 6.093-6.176," ujarnya.

Selain itu, Lanjar juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni ACST, ANTM, ASRI, BSDE, HMSP, HRUM, INCO, LPKR, MIKA, TINS, WSKT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya