Marak Penipuan Atas Nama Bank BCA, Manajemen Kasih Tips Menghindarinya

PT Bank Central Asia Tbk (BCA)
Sumber :

VIVA – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengonfirmasi bahwa marak terjadinya berbagai modus penipuan yang mengatasnamakan perusahaan, bahkan nomor pusat layanan BCA juga digunakan.

Marak WNI Jadi Korban Penipuan Pengantin Pesanan di China, KBRI Ungkap Modusnya

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn mengatakan, para penipu itu terutama menggunakan nomor palsu seperti +6221-1500888 atau 021-500888.

"Modus penipuan mengatasnamakan Bank BCA makin marak belakangan ini," kata dia dikutip dari keterangan tertulis, Senin, 6 September 2021.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Meski demikian, Hera menekankan, penipuan ini bisa dihindarkan. Manajemen pun telah memberikan cara untuk menghindarinya. Pertama, jangan pernah mengangkat telepon dari nomor mencurigakan.

"Meskipun terlihat mirip dengan nomor resmi call centre. Sebaiknya teman-teman tidak simpan nomor Halo BCA pada kontak di handphone," tuturnya.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Dia menegaskan, para nasabah sebaiknya tidak menyimpan nomor call center BCA supaya dapat melihat nomor telepon resmi Halo BCA 1500888 tanpa ada embel-embel +62, 021, atau apapun.

Kedua, dia melanjutkan, nasabah harus tetap tenang jika kepalang mengangkat telepon dari nomor yang tidak dikenal itu. Ini untuk memahami informasi penelepon yang biasanya menyebut adanya aktivitas mencurigakan pada kartu kredit, rekening atau mobile banking nasabah. 

"Kalau Anda melayani maka kartu kredit, debit/ATM, dan tabungan Anda bisa jebol! Jadi, segera matikan telepon tersebut," tuturnya.

Selain itu, Hera menekankan, BCA tidak pernah meminta data-data seperti PIN ATM, nomor kartu ATM, PIN mobile banking, CVV Kartu Kredit, OTP dan data pribadi lainnya karena data nasabah adalah rahasia.

Ketiga, jika menemukan aktivitas mencurigakan seperti yang dijelaskan sebelumnya, Hera menyatakan agar para nasabah segera hubungi Halo BCA di 1500888, Twitter @HaloBCA, Email: halobca@bca.co.id; atau WhatsApp Bank BCA  08111500998. 

"Mari kita sama-sama mengingatkan orang-orang terdekat dan sekitar untuk tidak mudah tertipu oleh para penipu dengan menjalankan 3 cara di atas," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya