Bikin UMKM Naik Kelas, Menteri Erick Dorong Makin Akrab dengan BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menegaskan, dengan dijalinnya upaya kerja sama antara BUMN dan para pelaku UMKM, maka hal itu harus bisa memberikan keuntungan bagi kedua pihak. Salah satunya yakni mampu membuat para pelaku UMKM tersebut naik kelas.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Hal itu diutarakan Erick dalam acara Opening Ceremony Pasar Digital (PaDi) UMKM Indonesia Virtual Expo (Batch 2), sebagai perhelatan sinergis antara BUMN dan UMKM yang diharap mampu mewujudkan kesejahteraan bagi keduanya.

Apalagi, sampai dengan 31 Agustus 2021, total nilai transaksi BUMN dengan UMKM tercatat telah mencapai sebesar Rp10,9 triliun, yang terdiri dari 142.000 transaksi dan melibatkan 10.100 UMKM.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

"Ini menunjukkan bagaimana kuatnya kolaborasi yang telah dibangun antara BUMN dan UMKM itu," kata Erick dalam telekonferensi, Senin 6 September 2021.

Selain itu, Erick mengatakan bahwa pada pelaksanaan Virtual Expo PaDi UMKM Batch 1 sebelumnya, yakni pada 15-22 Februari 2021 lalu, juga telah memberikan hasil positif dengan menghasilkan sekitar 75.000 transaksi.

IDSurvey: BUMN Perlu Adaptif Hadapi Gejolak Ekonomi yang Tidak Stabil

"Saya optimis ajang pameran produk UMKM virtual batch 2, yang diikuti UMKM binaan mitra pemangku non-BUMN yang bergabung di pasar digital UMKM ini, akan menjadi salah satu jalan agar mereka bisa naik kelas," ujar Erick.

Erick memastikan bahwa ajang ini juga menjadi pintu bagi BUMN untuk mengenal variasi produk UMKM dan mitra pengampu. "Sekaligus membuka peluang mendapatkan pilihan, agar harganya baik dan kualitas produknya bersaing," kata Erick.

Baca juga: Saat Airlangga Dengar Cerita Sukses Peserta Kartu Prakerja di Papua

Dia juga berharap, terciptanya kolaborasi dan transaksi belanja BUMN dengan UMKM dari mitra pengampu ini, bisa berjalan secara bersama-sama dan berkelanjutan.

Tak hanya itu, lanjut Erick, bermitra dengan UMKM diharapkan juga akan meningkatkan penggunaan TKDN yang sudah ditekankan oleh pemerintah, yang akan masuk ke dalam ekosistem BUMN. Tentunya, dengan kualitas dan standar yang harus dilakukan secara bersama-sama.

"Saya berterima kasih dan menyampaikan apresiasi atas semakin banyaknya UMKM yang bergabung dalam virtual Expo padi. Pada batch 1 Februari lalu, virtual expo ini diikuti oleh 244 UMKM binaan Mitra pengampu, dan pada batch 2 ini terjadi peningkatan sebanyak 295 UMKM binaan Mitra pengampu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya