Cara Bandara Soetta Cegah Varian Mu Masuk ke Indonesia

Bandara Soetta.
Sumber :
  • Sherly / VIVA.

VIVA – Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang terus memperketat pengawasan terhadap penumpang dengan kedatangan internasional di tengah pandemi COVID-19. Terlebih saat ini, terdapat varian mu

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Untuk hal itu, pihaknya pun tengah melakukan berbagai antisipasi dan persiapan dalam meningkatkan kewaspadaan masuknya varian baru COVID-19 tersebut.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta, Darmawali Handoko mengatakan, pihaknya tengah menunggu surat edaran dari Satuan Tugas (Satgas) COVID-19.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

Baca juga: 16 Bulan Beruntun, Neraca Dagang RI Agustus Surplus US$4,7 Miliar

"Tapi sambil menunggu, kita perketat pengawasan karena memang sudah kita persiapkan petugas," katanya, Rabu, 15 September 2021.

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

Selagi menunggu, pihaknya pun telah mendata sejumlah negara yang mejadi perhatian khusus dalam varian baru tersebut. Setidaknya, terdapat 42 negara yang jadi perhatian, karena varian baru itu telah terdeteksi di negara tersebut.

"Ada 42 negara, terutama untuk negara-negara di Eropa, kita lakukan pengawasan lebih ketat, karena laporan masuknya varian baru itu sudah ada," ujarnya.

Lanjutnya, Bandara Soetta pun akan menerapkan skema untuk mendeteksi varian MU yang dibawa oleh penumpang internasional.

"Jadi nanti bisa terdeteksi petugas, apakah penumpang tersebut positif atau negatif varian MU. Dan hingga saat ini kami belum menerima laporan adanya kasus infeksi varian MU di Indonesia, terutama yang berasal dari penumpang di Bandara Soekarno-Hatta," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya