Investor Optimis COVID-19 Mereda, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

Ilustrasi papan IHSG
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Indeks harga saham gabungan atau IHSG menguat 20 poin atau 0,34 persen di level 6.128 pada pembukaan perdagangan Kamis, 23 September 2021.

Dibuka menguat, IHSG Ditopang Sentimen Positif Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal I-2024

Analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi bahwa peluang penguatan IHSG masih terbuka namun terbatas, pada perdagangan hari ini.

"Setelah sebelumnya indeks sektor transportasi, energi, dan keuangan, memimpin penguatan secara sektoral," kata Lanjar dalam riset hariannya, Kamis 23 September 2021.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Baca juga: Polemik Data Jagung Surplus Saat Harga Mahal, Ini Dia Masalahnya

Lanjar menjelaskan, meredanya kasus COVID-19 di dalam negeri, yang didukung penurunan level PPKM dan angka vaksinasi yang telah naik signifikan, menjadi salah satu faktor optimisme investor.

Kinerja Emiten hingga Pembagian Dividen Topang IHSG Pekan Ini

Secara global, Bursa Asia bersiap membuka perdagangan hari ini dengan stabil, setelah mayoritas indeks saham di Wallstreet naik. Hal itu seakan mengambil langkah optimis pada prospek pengurangan stimulus The Fed di awal November 2021, yang diindikasikan berakhir pada pertengahan tahun depan.

Secara teknikal, IHSG bergerak whipsaw pada level support MA200 dan berpotensi kembali menguat, menguji resistance fractal dan upper bollinger bands. Indikator Stochastic dan RSI masih memberikan momentum bearish, yang terlebih dahulu mengkonfirmasi dead-cross diarea overbought. 

"Sehingga peluang penguatan IHSG masih terbuka namun terbatas, dengan support resistance 6.082-6.152," ujarnya.

Selain itu, Lanjar juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni AALI, ACES, ANTM, BBNI, BBRI, BMRI, CTRA, HMSP, INCO, LSIP, MNCN, SMCB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya