Cara Mencairkan BLT UMKM Rp1,2 Juta di banpresbpum.id

Pedagang Kaki Lima Angkringan
Pedagang Kaki Lima Angkringan
Sumber :

VIVA – Pada jadwal penyaluran BLT UMKM pada bulan Juli 2021 lalu, ada kuota Rp1,5 juta untuk para pelaku UMKM atau para pelaku usaha yang mendapatkan Banpres Produktif Usaha Mikro atau BPUM 2021. Sementara kuota untuk pengiriman pada bulan Agustus 2021 berjumlah 1 juta pelaku UMKM.

Sedangkan jadwal BLT UMKM atau Banpres BPUM 2021 bulan September 2021 mendatang memiliki kuota sebanyak 500 ribu untuk para pelaku UMKM. Jadi, total penerima Banpres BPUM 2021 akan mendapatkan Rp1,2 juta untuk modal usaha akan mendapatkan Rp3 juta untuk para pelaku UMKM.

Adapun besaran bantuan BPUM 2021 ini sebesar Rp1,2 juta, untuk mendapatkan bantuan BPUM 2021 tersebut, pelaku usaha bisa mendaftarkan diri ke Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah di Kabupaten/Kota masing-masing.

Salah satu pedagang kaki lima dan pedagang angkringan di Jalan Ampera, Bekasi, Jawa Barat berminat mendaftarkan diri untuk menjadi penerima Banpres BPUM 2021. Karena diakui, berjualan di kala pandemi seperti inicukup sulit.

“Penghasilan jauh, nggak kayak biasanya (sebelum pandemi). Saya kekurangan uang buat belanja bahan-bahan pokok dagangan. Karena makanan yang saya jual nggak bisa tahan lama. Dua hari harus ganti dengan yang baru,” kata pedagang yang enggan disebut namanya saat bercerita kepada VIVA, Kamis, 23 September 2021.

Untuk berjualan untuk satu hari dari sore hingga malam, dia mengaku mendapatkan omset yang cukup rendah. Sebab, sepinya pengunjung akibat pandemi covid-19 ini.

“Saya sama teman saya tertarik buat ikut program Banpres BPUM 2021 ini, buat modal bahan-bahan pokok menu di angkringan,” ungkapnya sambil tertawa.