PBB Bakal Salurkan Bantuan Kilat Sebesar $2,8 Miliar untuk Gaza dan Tepi Barat

Penderitaan rakyat Gaza
Sumber :
  • istimewa

VIVA Dunia – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada hari Selasa kemarin telah mengumumkan akan meluncurkan seruan global senilai $2,8 miliar untuk Jalur Gaza dan Tepi Barat. Diketahui dari laman Aa.com.tr bahwa terdapat 2 juta orang yang selamat di Gaza berjuang untuk hidup setiap harinya. 

Pendukung Israel Provokasi Mahasiswa Pro Palestina di Universitas California

Kepala Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) di wilayah Palestina, Andrea De Domenico mengatakan kepada wartawan secara virtual, bahwa meskipun ada upaya, kenyataannya hanya ada sedikit bantuan yang bisa dibawa ke dalam Gaza untuk mengatasi pengungsian dan kelaparan.

De Domenico mengatakan seruan global untuk dana bantuan akan diluncurkan pada hari Rabu ini 17 April 2024. Seruan tersebut untuk mendukung 3 juta orang yang teridentifikasi di Tepi Barat dan Gaza.

Kelompok Kemanusiaan Periksa Persenjataan Mematikan yang Belum Meledak di Gaza

Dia mengatakan 90% dari bantuan tersebut akan disalurkan ke Gaza, dan kantornya awalnya berencana meminta dana sebesar $4 miliar, tetapi mengurangi jumlah tersebut karena terbatasnya kemampuan distribusi bantuan.

Hubungan Israel-Arab Saudi Alot, Menlu AS Temui Pangeran MBS

"Tentu saja 90 persennya untuk Gaza," kata Andrea De Domenico, kepala Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan di wilayah Palestina, dilansir AFP, pada Rabu 17 April 2024.

Memerhatikan bahwa munculnya kondisi kelaparan karena tidak adanya makanan, kebersihan, air dan fasilitas kesehatan, de Domenico mengatakan, “Ketidakpastian adalah kenyataan sehari-hari bagi masyarakat di Gaza.”

Dia menyatakan lebih lanjut, bahwa keluarga yang datang ke selatan Gaza telah mengungsi sebanyak tujuh kali, dan dua hari lalu timnya melihat ribuan orang mengantre ke arah utara.

“Ada desas-desus bahwa pasukan Israel telah mengizinkan atau akan mengizinkan orang untuk kembali ke Utara. Memang benar, beberapa orang menerima panggilan telepon yang dimaksudkan untuk menyarankan agar mereka dapat kembali. Kemudian ketika ribuan orang muncul, tentara Israel Militer telah menembak di daerah itu karena mereka terkejut dengan jumlahnya,” katanya dikutip dari laman Aa.com.tr.

Menurutnya, mereka masih berusaha mencari tahu insiden tersebut dan bantuan kemanusiaan di sana terhambat oleh kombinasi strategi. Adanya hambatan akses, penundaan atau masalah lain terus-menerus muncul. ia mengatakan Israel melakukan “kombinasi strategi” untuk menghindari narasi “kami menghalangi bantuan".

De Domenico mengatakan Israel “berkali-kali” memainkan “permainan saling menyalahkan” dan menambahkan, “Kami menerimanya. Kami terus berhubungan dengan mereka dan tujuan kami adalah untuk menyelesaikan masalah ini dan memberikan (bantuan).”

Pejabat OCHA tersebut menyoroti kehancuran hampir semua bangunan setelah serangan Israel terhadap Khan Younis.

“Sebagian besar sekolah telah hancur dan tidak ada satu pun universitas yang berdiri di Gaza. Butuh waktu bertahun-tahun untuk mengembalikan siswanya ke sekolah,” katanya.

Menekankan pentingnya pendidikan, de Domenico mencatat bahwa ada serangan “sistematis” terhadap sekolah, khususnya universitas.

“Pendidikan adalah hal mendasar untuk membangun perdamaian… pendidikan adalah harapan masa depan,” tambahnya.

Dia menyoroti serangan yang meresahkan terhadap rumah sakit, dengan menyatakan bahwa setelah Israel menggerebek rumah sakit Al Shifa, tim PBB pergi ke sana dan menghadapi apa yang disebut sebagai "adegan teror."

Mengingat bahwa rumah sakit tersebut “sama sekali tidak berfungsi saat ini,” de Domenico melaporkan bahwa banyak jenazah yang hilang, orang tidak dapat mengidentifikasi kerabat yang terbunuh di rumah sakit dan mencoba mengenali mereka dari sepatu mereka.

Mengenai situasi di Tepi Barat yang diduduki, de Domenico mengatakan kondisinya telah memburuk secara signifikan sejak Jumat lalu, dengan pemukim ilegal menyerang 17 desa.

Dia mengatakan pasukan Israel melindungi atau secara langsung mendukung serangan yang dilakukan oleh pemukim ilegal, dan menambahkan bahwa sejak 7 Oktober, pemukim telah melakukan 781 serangan di Tepi Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya