Banjir Dahsyat Terjang Dubai, Bandara Tersibuk di Dunia Lumpuh

Banjir genangi Dubai, Uni Emirate Arab (UEA).
Sumber :
  • AP Photo/Jon Gambrell

Dubai – Hujan lebat yang mengguyur sebagian Uni Emirate Arab (UEA) memicu genangan air di sejumlah titik jalan Dubai. Salah satu area yang terendam banjir dahsyat itu adalah Bandara Internasional Dubai.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Dilansir dari ABC News, Rabu, 17 April 2024, merujuk laporan kantor Meteorologi Dubai, hujan lebat tercatat pada Senin, 15 April 2024, antara pukul 10.00 malam waktu setempat. Menurut organisasi meteorologi dunia, Dubai menerima curah hujan rata-rata 3,12 inci per tahun.

Bandara Internasional Dubai untuk sementara juga mengalihkan penerbangan pada Selasa malam waktu setempat. Cuaca yang melanda Dubai cukup luar biasa ekstrem.

Bandara Supadio Pontianak Turun Kelas Jadi Bandara Domestik

Semua entitas pemerintah dan sekolah, instansi swasta Dubai diinstruksikan untuk bekerja jarak jauh pada Selasa karena kondisi cuaca.

Banjir genangi Dubai, Uni Emirate Arab (UEA).

Photo :
  • AP Photo/Jon Gambrell
Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Kota Dubai menerima hampir seluruh curah hujan tahunan atau lebih dari 92 persen antara bulan November dan Maret. Rata-rata, Dubai biasanya menerima curah hujan hanya 0,13 inci selama April.

Sementara, mengutip dari laporan AP, badai petir yang melanda UEA pada Selasa kemarin memicu hujan terbesar yang tercatat di negara tersebut. Hanya dalam rentang waktu beberapa jam, banjir sudah mengenangi jalan raya utama dan bandara internasional Dubai.

Kantor berita WAM yang dikelola pemerintah UEA melaporkan hujan tersebut sebagai peristiwa cuaca bersejarah sejak 1949.

Hujan dilaporkan mulai turun pada Senin malam, membasahi jalan raya Dubai dengan curah hujan sekitar 20 milimeter (0,79 inci). Data itu menurut data meteorologi yang dikumpulkan di Bandara Internasional Dubai.

Namun, badai meningkat sekitar pukul 9 pagi Selasa setempat dan berlanjut sepanjang hari. Kondisi itu menyebabkan lebih banyak hujan.

Pada akhir Selasa, curah hujan lebih dari 142 milimeter (5,59 inci) telah menggenangi Dubai selama 24 jam. Rata-rata curah hujan mencapai 94,7 milimeter (3,73 inci) dalam setahun di Bandara Internasional Dubai yang dikenal bandara tersibuk di dunia untuk perjalanan internasional.

Di bandara, genangan air mengalir saat pesawat mendarat. Bandara tersebut akhirnya lumpuh sementara dengan menghentikan kedatangan pada Selasa malam. Para penumpang kesulitan mencapai terminal karena genangan air banjir yang menutupi jalan di sekitarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya