Liga 1 dan 2 Bergulir, Menko Airlangga: Dampak Ekonomi Belum Ada

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Dokumentasi Kemenko Ekonomi.

VIVA – Pemerintah telah mengizinkan penyelenggaran turnamen sepak bola di Indonesia dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bisa memulai kompetisi Liga 1 dan Liga 2 walaupun dengan syarat wajib tanpa penonton.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kompetisi ini perlu tetap diadakan, meski dari sisi pemulihan ekonomi belum ada dampaknya. Sebab, memang belum ada pengunjung yang datang ke stadion.

"Dari segi pemulihan ekonomi masih belum terlihat, karena seluruhnya diselenggarakan tanpa penonton," kata dia dikutip dari keterangan resmi, Rabu, 29 September 2021.

Baca juga: BMKG: Sebagian Jakarta Bakal Hujan Siang dan Malam Hari 

Di luar itu, Airlangga menilai, tetap ada efek pengganda yang positif dari penyelenggaraan turnamen bola di Indonesia. Yang paling utama, menurutnya adalah ajang kompetisi di dalam negeri kembali menguat.

"Kegiatan sepakbola ini merupakan ajang untuk prestasi apalagi kita akan jadi tuan rumah U20 pada 2023 sehingga kompetisi itu menjadi penting," tegasnya.

Kemudian, dia melanjutkan, pertandingan sepak bola di Liga 1 dan Liga 2 juga sangat digemari masyarakat. Dengan demikian, bisa menjadi faktor penghibur mereka di rumah saat harus menghadapi Pandemi COVID-19.