Erick Thohir Sebut Integrasi Transportasi Jabodetabek Tumbuhkan UMKM

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menjelaskan, integrasi transportasi Jabodetabek memiliki multiplier effect di sisi ekonomi. Akan ada pertumbuhan usaha-usaha ekonomi mikro atau UMKM, di sekitar lokasi di mana simpul transportasi berada.

Erick Thohir Ingatkan Timnas Indonesia U-23 Sepakbola Bukan Permainan 2 Orang

Hal itu diutarakan Erick Thohir dalam acara peresmian Integrasi Transportasi Jabodetabek, yang dilakukan secara hybrid dari Stasiun Tebet, Jakarta.

"Saya yakin integrasi moda transportasi Jabodetabek ini juga akan menumbuhkan usaha-usaha di sekitarnya," kata Erick dalam telekonferensi, Rabu 29 September 2021.

Ketika Timnas Indonesia Bikin Hanung Bramantyo Jatuh Cinta Lagi

Baca juga: Armada Damri Tergerus COVID-19, Investasi Terhenti

Erick juga mencontohkan hal itu dari Stasiun Tebet sendiri. Dia melihat bagaimana sistem transportasi di Stasiun Tebet sudah mulai terintegrasi. Kini tidak lagi hanya mampu memberikan layanan kepada warga sekitar, tapi juga mendorong UMKM.

Maarten Paes Resmi Jadi WNI, PSSI Langsung Geber Naturalisasi 2 Pemain Ini

"Nyatanya juga (bermanfaat) bagi UMKM yang sangat terdampak karena pandemi COVID-19 ini," ujarnya.

Erick menegaskan, sebenarnya kolaborasi ini ke depannya akan semakin marak, asal masing-masing pihak melakukan tugas atau kerjanya dengan profesional.

"Kalau kita berkolaborasi, kerjanya pakai hati, dan kita serius mengerjakannya, insya Allah ini bisa membuktikan bahwa Jakarta bisa kembali dibenahi dan bangkit," kata Erick.

Erick yakin ke depannya Indonesia dan Jakarta sebagai Ibu Kota-nya bisa menepis semua persepsi negatif sebagaimana stereotipe selama ini.

"Dan yang terpenting adalah bagaimana kita juga bisa membentuk ekosistem yang sehat, yang secara aspek korporasinya jalan namun secara pelayanan publik juga terus ditingkatkan," ujarnya.

Acara peresmian Integrasi Transportasi Jabodetabek yang digelar secara hybrid dari Stasiun Tebet Jakarta. Rangkaian acara meliputi pencanangan kartu dan aplikasi JakLingko, Pencanangan pembangunan Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) dan revitalisasi Stasiun Sudirman, Penataan kawasan stasiun tahap 2, dan penandatanganan dokumen integrasi transportasi Jabodetabek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya