Ketika Timnas Indonesia Bikin Hanung Bramantyo Jatuh Cinta Lagi

Pemain TImnas Indonesia Komang Teguh Trisnanda (tengah) - Sumber Foto: Instagram @komangteguh4
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

VIVA – Kegigihan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir dalam mempersiapkan skuad Timnas Indonesia hingga memiliki susunan pemain yang tangguh mendapatkan pujian publik. Tidak hanya publik olahraga, terutama penggemar sepakbola, melainkan juga kalangan sineas.

Timnas Indonesia Lolos Olimpiade 2024 karena Guinea Didiskualifikasi, Benarkah?

Belum lama ini, sutradara kondang  Hanung Bramantyo menyebut sosok Erick sebagai orang yang berada dibalik kesuksesan skuad Garuda Muda yang telah lolos ke Babak Semifinal Piala Asia U23 2024 di Doha, Qatar.

Rafael Struick dan kawan – kawan lolos ke Semifinal setelah meredam raksasa Asia, Timnas Korea Selatan pada Jumat (26 April 2024). Masuk ke babak semifinal, dan menjadi empat tim terkuat di Asia saat ini, merupakan prestasi bersejarah.

Paling Murah 250 Ribu, Ini Harga Tiket Timnas Indonesia Vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia

Dalam unggahannya di Sosial Media, Hanung berkisah pada Kamis, 25 April 2024 malam, dirinya telah merasakan semua.

Timnas Indonesia yang selama ini cuma memberikan harapan palsu (PHP) dengan sepak bola gajahnya, kini mampu membuka mata bangsa.

Tolak Thom Haye, Ternyata Sederet Pemain Top Dunia Ini yang Diincar Como 1907

Menurut Hanung, setidaknya orang yang sudah merasa jijik terhadap persepak – bolaan Indonesia, seperti dirinya, kini masih bisa meletakkan mimpi dan harapan tinggi terhadap pada Sepak Bola Indonesia. Bahkan menuju piala dunia.

“Thank You pak @erickthohir … bapak udah kasih Drama Korea Yang Sesungguhnya di (stadion) Abdulah Bin Khalifa-Qatar," ujarnya.

Untuk itu, Hanung memaklumi, saat skuad Garuda Muda harus mengakui kemenangan Uzbekistan di duel Semifinal, 29 April 2024 malam lalu. Menurutnya, Pratama Arhan dkk sudah bermain sangat bagus, karena memperlihatkan perjuangannya.

"Tapi memang harus diakui Uzbekistan kuat. Ditambah wasitnya matane kesipiten poll. Tapi, saya yakin Timnas akan makin baik ditangan coach STY dan kepemimpinan pak @erickthohir … yuk ah bisa yuk Olimpiade. Jangan kendor gass terus," kata Hanung.

Pencari Solusi

Hanung mengatakan, saat Erick Thohir dipercaya memimpin PSSI, dirinya teringat bagaimana Erick berhadapan dengan bule-bule di Klub Inter Milan. Prinsip Erick, kata Hanung, jelas, yaitu temukan persoalannya apa, pelajari, lalu cari solusi.

“Semua dilakukan dengan sikap yang humble (rendah hati) tetapi tegas dan gak sok tau demi cari muka. Dia juga sering minta difotoin buat dokumentasi, tetapi yang difoto ada hasilnya. Yaitu masalah selesai. Pesan moral: jangan lupa cuci handuk, agar bisa dibuat ngelap muka para mafia bola,” tegas Hanung.

Berani

Suami artis Zaskia Adya Mecca ini pun bersaksi bahwa Erick Thohir bukan pejabat sembarangan. Erick, kata Hanung, sejatinya bukanlah pejabat stereotype Indonesia yang sering dipersepsikan kurang bekerja tetapi banyak cari muka.

“Saya melihat secara langsung bagaimana cara dia menyelesaikan masalah. Bukan mementingkan diri sendiri, apalagi posisinya. Tetapi lebih mencari solusi bagaimana persoalan ini bisa selesai dengan efektif dan efisien. Dan yang terpenting, BERANI,” katanya.

Hanung meneruskan, “Ni orang (Erick) keliatannya kecil ipel-ipel, tetapi NYALI - nya ampuun,” tuturnya.

Hanung memberikan contoh keberanian Erick dalam menyelesaikan permasalahan. Saat sekelompok Radikal mem-bredel Film Tanda Tanya, Erick menghadapinya dengan gagah.

"Padahal waktu itu saya bilang ke dia: ‘Saya aja pak yang ngadepin. Ini tanggung jawab saya pak. Saya sutradaranya’. Lalu beliau menjawab: ‘Udeh, elo tenang aja. Ini urusan gua!’ Dan benar … semua masalah teredam dengan baik,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya