Erick Thohir dan Bos 5 BUMN Lepas Jabatan ke 6 Perempuan Muda Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Repro video.

VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir telah memilih 6 perempuan muda yang akan menggantikan posisinya dan dirut 5 BUMN. Mereka akan menjalankan tugas sesuai dengan jabatannya pada hari ini.

Gerindra Sebut Daftar Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Terungkap Mendekati Oktober 2024

Keenam perempuan muda ini lolos seleksi dalam gelaran Girls Take Over yang merupakan kerja sama Kementerian BUMN dengan Yayasan Plan Indonesia. Gelaran ini merupakan bagian dari kampanye global yang diinisiasi oleh Plan International dan diselenggarakan serentak di 75 negara setiap tahunnya. 

Dalam rangka peringatan Hari Anak Perempuan Internasional (International Day of the Girls) yang jatuh pada 11 Oktober. Pada tahun ini bertemakan kesetaraan gender dan kepemimpinan perempuan di dunia kerja.

Surya Paloh Ngaku Belum Bahas Jatah Menteri Nasdem ke Prabowo: Ada Perasaan Sungkan

Keenam perempuan itu berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan berusia 19 hingga 24 tahun. Dalam proses seleksi, mereka mengalahkan 7.000-an pendaftar dalam berbaga tes pada akhir Agustus hingga pertengahan September 2021. 

"Kita sudah memilih 6 dari 7.000,ini yang terbanyak. tentu di BUMN ini mentoringnya bukan hanya saya, ada wamen kita libatkan. Dan tidak hanya take over saya tapi juga 5 BUMN," ujar Erick dikutip dari akun Instagram Kementerian BUMN, Kamis, 30 September 2021.

Kata Anies soal Heboh Tawaran Jadi Menteri Prabowo: Masih Lama Proses Kabinet

Untuk menggantikannya sebagai menteri BUMN, Erick memilih Sharon (24) yang berasal dari Jawa Barat. Sharon akan menjadi Menteri BUMN dan memimpin rapat pimpinan BUMN yang akan digelar hari ini.

"Sharon, kamu gantiin saya. Hari kamis itu rapat pimpinan, jadi kamu pimpin rapat. Nanti saya kasih bocorannya supaya bisa mimpin," kata Erick.

Kemudian, Virdha (23) dari Jawa Tengah dipilih Erick menjadi Direktur Utama Angkasa Pura Group. Dia dikasih tugas untuk meninjau ulang fasilitas disabilitas di bandara yang dikelola AP di seluruh Indonesia.

Baca juga: Anggaran BSU Sisa, Kemnaker Bakal Salurkan ke 1.791.477 Pekerja

Lalu, Erik memberi tugas kepada Arum (23) dari Sulawesi Selatan) untuk menjadi dirut BUMN farmasi PT Kimia Farma. "Saya tugaskan untuk mengecek dua hal. Satu, mapping bahan baku impor apa saja di Kimia Farma, kedua Kimia Farma sedang integerais pelayanan apa kekurangannya," tambahnya. 

Selanjutnya, Sisilia (22) dari Nusa Tenggara Timur), diminta Erick Thohir meninjau ulang kesiapan integrasi Holding Ultra Mikro. Sisilia akan bertugas sebagai Dirut BRI.

Sedangkan Putri (21) dari Jawa Barat bertugas hari ini sebagai Dirut Telkomsel. Erick Thohir meminta Putri meninjau kesiapan transformasi bisnis Telkomsel menghadapi tantangan digitalisasi di masa depa. 

Sementara itu yang kelima adalah Adinda (20) dari Jawa Tengah. Erick menugasi Adinda sebagai Dirut Mandiri. "Nanti laporkan ke saya bagaimana transisi digital di Bank Mandiri. Karena sekarang eranya sudah digitalisasi," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya