Gelar Indonesia Housing Forum 2021, Kadin Fokus Hunian Berkelanjutan

Kepala Badan Pengembangan Kawasan Properti Terpadu Kadin, Budiarsa Sastrawinata.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia bersama Habitat for Humanity Indonesia dan Universitas Trisakti, akan menggelar 'Indonesia Housing Forum 2021' secara virtual pada 14 Oktober 2021 mendatang.

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

Kepala Badan Pengembangan Kawasan Properti Terpadu Kadin Indonesia, Budiarsa Sastrawinata memastikan, Indonesia Housing Forum 2021' akan mempromosikan berbagai inovasi di sektor properti sekaligus menciptakan kolaborasi antarpara pihak terkait sektor properti nasional.

"Saat ini adalah momentum yang tepat untuk menyuarakan visi baru untuk kawasan dan hunian yang lebih inklusif dan berkelanjutan, dan juga memperkuat komitmen terhadap SDGs serta perubahan iklim ke dalam prioritas nasional dan daerah," kata Budiarsa dalam telekonferensi, Senin 11 Oktober 2021.

Dukung Stabilitas Politik, Kadin Indonesia Hormati Putusan MK soal Sengketa Pilpres 2024

Baca juga: Jelang Pembukaan Bali Bagi Turis Asing, Ini Syarat dari Luhut

Dia menambahkan, hunian atau perumahan merupakan bagian dari sebuah industri besar properti, sehingga permasalahan yang dihadapi di industri itu pun menjadi sangat kompleks.

Indonesian Economy Has Strength to Face Middle East Crisis

"Karenanya kami berharap nanti akan tercipta kolaborasi erat antarpemangku kepentingan, untuk meningkatkan kapasitas industri properti dan khususnya sektor hunian yang terjangkau di kawasan asia pasifik," ujar Budiarsa.

Pameran Properti Kepemilikan Rumah.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Tak hanya itu, Budiarsa juga mengatakan bahwa pembiayaan perumahan yang terjangkau menjadi isu yang masih harus dicarikan solusi terbaiknya sampai saat ini. 

Dia menilai perlu adanya formula khusus, untuk memeriksa instrumen pembiayaan dari berbagai pihak pelaku dan semua stakeholder yang terlibat di sektor properti.

"Baik di sektor publik maupun swasta untuk mendanai perumahan yang terjangkau," ujarnya.

Diketahui, Indonesia Housing Forum merupakan bagian dari Housing Forum yang diadakan di tingkat Asia Pasifik selama satu dekade sejak konferensi pertama pada 2007. Di Indonesia sendiri, Indonesia Housing Forum 2021 merupakan pelaksanaan ke-3, setelah 2017 dan 2019 lalu.

Housing Forum Asia Pasifik yang dihadiri lebih dari 9.200 peserta, selama ini telah menjadi ruang bagi setiap pemangku kepentingan untuk saling berbagi kesamaan serta berdiskusi dengan wawasan yang menarik terkait dengan sektor perumahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya