Rupiah Hari Ini Sedikit Menguat, Intip Faktor Pemicunya

Rupiah Menguat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) sedikit menguat pada perdagangan Rabu, 13 Oktober 2021. Rupiah masih mampu bergerak di kisaran bawah Rp14.220 per dolar AS.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

Di pasar spot, hingga pukul 09.20 WIB rupiah telah ditransaksikan di level Rp14.215 per dolar AS. Menguat 0,02 persen dari penutupan perdagangan hari sebelumnya di level Rp14.217 per dolar AS.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia terakhir berada di level Rp14.217 per dolar AS, melemah dari nilai tengah hari sebelumnya di level Rp14.210 per dolar AS.

Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah

Baca juga: Ayo! Intip Cara Dapat Promo Listrik 'Super Dahsyat' PLN

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, sentimen pelaku pasar uang yang memengaruhi pergerakan rupiah hari ini masih dipicu faktor eksternal.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

"Melonjaknya harga energi, dan dampak inflasinya, juga membuat Federal Reserve AS kemungkinan akan memulai pengurangan aset seperti yang direncanakan pada November 2021 dan menaikkan suku bunga pada 2022," ujarnya.

Harga komoditas-komoditas tersebut khususnya di sektor energi mengalami lonjakan karena permintaan yang tinggi. Ini dianggap dapat terus mendukung surplus neraca perdagangan Indonesia.

Rupiah Menguat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Meski demikian beberapa kalangan pelaku pasar juga memperhatikan bahwa krisis energi ini juga berpotensi berdampak pada ekonomi Indonesia karena bisa menekan perekonomian global.

Di sisi lain, tingkat imbal hasil (yield) surat utang AS yakni US Treasury bertenor 10 tahun juga tercatat turun dari sebelumnya berada di kisaran 1,6 persen, kini ke posisi 1,57 persen.

Dengan berbagai perkembangan ini Ibrahim memperkirakan mata uang rupiah kemungkinan masih akan terus bergerak fluktuatif namun ditutup menguat di rentang Rp14.190-Rp14.230.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya