Ekonomi China Melambat, Ada Peluang RI Ambil Keuntungan

Kota Shanghai.
Kota Shanghai.
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA – Di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi China pada kuartal III-2021 ternyata masih terdapat peluang bagi Indonesia untuk mengambil keuntungan.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, peluang itu terletak dari semakin besarnya potensi relokasi industri dari negara tersebut.

Sebab, salah satu penyebab melambatnya ekonomi China pada kuartal III-2021 adalah krisis energi yang melanda beberapa negara di dunia, sehingga banyak industri yang tutup.

"Ini harus menangkap peluang. Kalau krisis energi di China kita bisa dorong relokasi pabrik-pabrik ke Indonesia, jadi harus ada perencanaan jangka panjang," tegas dia, Senin, 18 Oktober 2021.

Baca juga: Tumbuh Melambat, Ekonomi China Kuartal III Cuma 4,9 Persen

Menurutnya, peluang itu tercipta besar meskipun secara umum dampak dari krisis energi yang melanda China akan langsung berdampak pada kinerja ekspor-impor Tanah Air.

"Karena banyak pabrik yang shutdown karena kekurangan listrik di China pasti produksi turun berarti ekspor atau impor yang dikirim ke Indonesia pasti akan terganggu," paparnya.