Politikus Desak Sofyan Djalil Mundur, BPN: Mafia Tanah Kalang Kabut

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan, Nasional Sofyan Djalil
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan, Nasional Sofyan Djalil
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

VIVA – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) merespons tegas pernyataan para politikus di DPR RI yang meminta Sofyan Djalil mundur dari jabatannya sebagai Menteri ATR/Kepala BPN.

Sebagaimana diketahui, salah satunya yang bersuara adalah Politikus PDIP sekaligus Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang. Menurutnya, Sofyan layak mengundurkan diri sebagai konsekuensi atas carut marutnya konflik pertanahan.

Menurutnya pemberian izin Hak Guna Usaha (HGU) serta Hak Guna Bangunan (HGB) kepada para pengusaha oleh Kementerian ATR/BPN kerap kali mengesampingkan hak hukum atas tanah masyarakat.

"Menteri ATR/ BPN Sofyan Djalil seharusnya sebagai seorang sosok pemimpin/ akademisi yang mumpuni sebaiknya mengundurkan diri dari Kabinet Presiden Jokowi," ujar Junimart dalam keterangannya, Kamis 21 Oktober 2021.

Junimart Girsang

Junimart Girsang

Photo :

Merespons hal ini, Staf Khusus dan Jubir Kementerian ATR/BPN Teuku Taufiqulhadi mengatakan, pernyataan yang meminta mundur Sofyan adalah bentuk dari kalang-kabutnya para mafia tanah.

"Mereka mengerahkan segala kekuatan untuk menyerang balik Sofyan Djalil. Bahkan ada meminta mundur. Tangan-tangan yang pro-mafia pun kini bergerak dengan kekuatan penuh," kata Teuku dalam keterangannya, Jumat, 22 Oktober 2021.