Bamsoet Ingatkan AHY soal Mafia Tanah Kerap Berkolaborasi dengan Mafia Peradilan

Bambang Soesatyo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong agar Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam memberantas mafia tanah.

Kantor LPS Bakal Hadir di Medan, Diresmikan 3 Mei 2024

Beragam pihak yang terkait dengan agraria itu, kata dia, mulai dari perbankan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga pembiayaan, koperasi simpan pinjam, balai lelang, kurator, notaris, serta pihak ketiga yang selalu menampung cessie dari perbankan atau lembaga pembiayaan.

"Apabila semua pihak yang terkait dengan masalah agraria sepakat bekerja sama memberantas mafia tanah, maka tidak sukar untuk menghilangkan mafia tanah dari Indonesia," kata Bamsoet dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin, 18 Maret 2024.

Jakarta LavAni Menang, AHY Berharap Hattrick Juara Proliga

Aksi unjuk rasa sidang sengketa lahan di tempat

Photo :
  • Istimewa

Pemberantasan mafia tanah, menurutnya, memerlukan keterlibatan aktif para pemangku kebijakan, termasuk untuk memberikan tindakan hukum yang tegas tanpa pandang bulu.

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

​​​​​Dia mengatakan saat ini perlu kesadaran dari semua pihak agar permasalahan tanah ini tidak menjadi permasalahan sistemik di negeri ini yang sangat nyata merugikan masyarakat lemah.

"Aparat hukum harus menindak tegas semua pihak yang terlibat dalam kasus mafia tanah," katanya.

Dia menjelaskan bahwa pemerintah sudah memberikan perhatian khusus terhadap masalah mafia tanah dan konflik agraria. Sejak tahun 2015 lalu, Presiden Joko Widodo kerap menggencarkan reformasi agraria untuk menuntaskan berbagai konflik agraria yang terjadi di masyarakat.

Sengketa Lahan

Photo :
  • ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang

Dalam melakukan aksinya, mafia tanah biasanya bekerja bersama berbagai pihak, mulai dari dari korporasi, perbankan, broker tanah, makelar, penyandang dana, aparat pemerintah, hingga aparat hukum.

"Tidak jarang dalam melakukan operasinya, para mafia tanah ini juga berkolaborasi dengan mafia peradilan," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya