Gaet Pemda dan Pertamina, Intip Cara BRI Salurkan Elpiji 3 Kg

Launcing Ekosistem Subsidi Elpiji 3 kg BRI.
Launcing Ekosistem Subsidi Elpiji 3 kg BRI.
Sumber :
  • Dok. BRI

VIVA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau BRI menggandeng Pertamina dan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, menerapkan ekosistem pembelian subsidi gas Elpiji 3 kilogram (kg). Tujuannya yakni agar distribusi Elpiji 3 kg tersebut bisa tepat sasaran, tepat volume, dan mengedepankan cashless payment menggunakan kartu uang elektronik BRIZZI LPG Card terintegrasi dengan aplikasi BRIMOLA.

Direktur Bisnis Konsumer BRI, Handayani menyampaikan, hal ini dilakukan dalam rangka mendukung amanat Perpres No. 126 tahun 2015 Pasal 5, mengenai penyediaan, pendistribusian, dan penetapan harga Elpiji 3 Kg pada 21 Oktober 2021.

"Melalui penerapan ekosistem subsidi menggunakan BRIZZI LPG Card yang terintegrasi dengan BRIMOLA di Provinsi Bangka Belitung ini, Pemerintah Provinsi dapat melacak seluruh transaksi pendistribusian subsidi gas Elpiji 3 Kg karena pembelian dilakukan secara cashless," kata Handayani dalam keterangan tertulisnya, Jumat 22 Oktober 2021.

Baca juga: Catat, Mulai 25 Oktober Ganjil Genap Berlaku di 13 Ruas Jakarta

Selain itu, Pemerintah Provinsi juga dapat membatasi pembelian dan penerima subsidi melalui aplikasi BRIMOLA, sehingga pendistribusian subsidi gas Elpiji 3 kg pun menjadi tepat sasaran dan sesuai dengan target.

BRIMOLA merupakan aplikasi berbasis internet yang sudah bekerja sama dengan Pertamina, yang dapat digunakan oleh seluruh Agen dan Pangkalan Elpiji untuk melakukan transaksi pemesanan maupun penjualan Elpiji 3 kg baik dari Agen ke Pangkalan dan sebaliknya. 

"Pada tahun 2021, jumlah Agen Elpiji Pertamina yang telah menggunakan BRIMOLA sebanyak lebih dari 2.000 agen dengan jumlah Pangkalan lebih dari 100.000 pangkalan," ujar Handayani.