RI Minta Kontribusi Nyata ASEAN Atasi Masalah Lingkungan Hidup

Menteri LHK Situ Nurbaya.
Menteri LHK Situ Nurbaya.
Sumber :
  • Dok. KLHK

VIVA – Indonesia secara terhormat menjadi tuan rumah pada pertemuan 16th Asean Ministerial Meeting on the Environment (AMME) atau pertemuan tingkat menteri bidang lingkungan hidup se-ASEAN ke-16. AMME diselenggarakan secara virtual pada Kamis 21 Oktober 2021 lalu. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya yang didaulat menjadi pimpinan atau chair pada AMME tahun ini mengatakan tantangan isu lingkungan hidup perlu diantisipasi melalui kolaborasi kooperatif tingkat ASEAN. 

Menurut dia, kolaborasi itu selaras dengan deklarasi PBB tahun 2021-2030 yang dinyatakan sebagai Dekade Restorasi Ekosistem. 

"Dekade ini memiliki peran penting dalam upaya mencegah, menghentikan, dan memperbaiki degradasi ekosistem di seluruh dunia, termasuk kawasan Asia Tenggara," ungkap Siti dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 23 Oktober 2021.

Baca juga: Bikin Geger, Ini Penampakan Bambu yang Dipakai PUPR Buat Jalan Tol

Untuk itu, Siti menilai perlu upaya adaptasi pola pikir dan aksi nyata dengan menerapkan Reimagine, Recreate, dan Restore dalam pengelolaan lingkungan. 

Dengan demikian, melalui penyelenggaraan AMME Ke-16, diharapkan dapat memberikan kontribusi konkret dan komprehensif atas tantangan di bidang lingkungan hidup.