Trade Expo Indonesia 2021, Belanda Beli Pakan Burung dari RI

(Ilustrasi) Pengunjung memberi pakan untuk burung Parkit (Melopsittacus undulatus) saat berwisata di Wisata Taman Burung Bird & Bromelia Pavilion, Bandung, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Pelaku usaha asal Belanda membeli produk kelapa dan maggots atau larva dari Indonesia senilai US$750 ribu. Pembelian ini dilakukan jelang hari terakhir Trade Expo Indonesia Digital Edition (TEI-DE) 2021, Kamis, 4 November 2021.

Lewati Triwulan I 2024, APBN Terus Jadi Shock Absorber Perekonomian Nasional

Kementerian Perdagangan mengungkapkan, produk larva dan turunan kelapa tersebut akan digunakan oleh para pengusaha asal Belanda ini sebagai bahan baku pakan burung yang cukup besar pasarnya di Eropa.

Untuk merealisasikan komitmen ini, Kementerian Perdagangan pun telah memfasilitasi penandatanganan dua Letter of  Intent (LoI) antara pelaku usaha Indonesia dengan mitra dagang asal Belanda.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

"Penandatanganan LoI ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Belanda," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Ganef Judawati melalui keterangan tertulis.

Pengunjung memberi pakan untuk burung Makaw Biru Kuning (Ara arauna) saat berwisata di Wisata Taman Burung Bird & Bromelia Pavilion, Bandung, Jawa Barat

Pengunjung memberi pakan untuk burung Makaw Biru Kuning (Ara arauna) saat berwisata di Wisata Taman Burung Bird & Bromelia Pavilion, Bandung, Jawa Barat

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Ada Konflik di Timur Tengah, Bos BI Pede Ekonomi RI Tetap Kuat

Ganef pun mengungkapkan, sejak awal pembukaan TEI-DE 2021, sudah enam kali pelaku usaha Belanda mengikuti Signing Trade Commitment dengan total nilai sebesar US$13,7 juta.

Penandatanganan trade commitment ini dikatakannya termasuk juga penandatanganan nota kesepahaman (MoU) imbal dagang produk daging dan ikan yang sebelumnya sudah dilakukan.

Ganef menyampaikan, total nilai transaksi Trade Commitment sendiri selama TEI-DE 2021 tercatat sudah lebih dari US$978,8 juta dari hasil kunjungan pelaku usaha di setiap kategori produk di platform TEI-DE ini.

"Komitmen perdagangan antara Indonesia dan Belanda hari ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan ikatan ekonomi yang lebih kuat antara kedua negara," tutur Ganef.

Periode Januari?Agustus 2021, neraca perdagangan Indonesia dengan Belanda menunjukkan surplus sebesar US$2,4 miliar atau naik 63,26 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya