Luhut Tegaskan Industri Fintech Jangan Hanya Fokus Kembangkan Pinjol

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • Kemenko Marves

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendorong agar Industri financial technology (fintech) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa semakin berkolaborasi. Hal itu guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital.

Warga Terdampak Ledakan Gudmurah Belum Terima Ganti Rugi, Bey Machmudin Bilang Begini

Apalagi, kata dia, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Karena itu, dalam masalah pembiayaan, akan sangat bermanfaat bila fintech dan UMKM semakin selaras.

“Satu hal yang menjadi concern Pemerintah juga adalah mengkolaborasikan antara para penyelenggara industri fintech dengan para pelaku UMKM yang sudah bertahap go digital,” kata Luhut di acara Indonesia Fintech Summit 2021 yang disiarkan virtual, dikutip Senin, 13 Desember 2021.

Genjot Inovasi Sistem Keuangan Digital, BI Dorong Kolaborasi Global

Jika keduanya berkolaborasi, lanjut Luhut, juga dapat memberikan keuntungan lebih, bagi fintech dan UMKM itu sendiri.

Pengungkapan jaringan pinjaman online atau pinjol Ilegal (foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Ace Hardware Indonesia Cetak Laba Rp 204,82 Miliar pada Kuartal I-2024

“Karena tanpa disadari merekalah backbone ekonomi Indonesia sesungguhnya. Selain itu kita sadar bahwa industri financial teknology baru saja dimulai, dan industri fintech seharusnya bukan saja berfokus kepada layanan pinjaman online atau online lending, namun juga pada payment system, wealth management hingga digital finance innovation,” ujarnya.

Menurut Lubut, dengan terciptanya ekonomi digital yang maju akan semakin membuka kesempatan kerja untuk masyarakat, dan pendapatan masyarakat dapat meningkat, sehingga kemiskinan dan ketimpangan di masyarakat bisa berkurang.

“Ekonomi berbasis digital ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemerataan pembangunan. Peran teknologi di berbagai sektor ekonomi, khususnya keuangan, memunculkan harapan percepatan pemulihan ekonomi serta transformasinya,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya