Cara Jasa Marga Jaga Aspek Keselamatan Jalan Tol di Cuaca Esktrem

Tol Jasa Marga
Sumber :
  • Jasa Marga

VIVA – Operation and Maintenance Management Group Head PT Jasa Marga Tbk (JSMR), Atikah Dara Prahita menjelaskan, dalam persiapan menghadapi momen Nataru di tengah kondisi curah hujan yang tinggi seperti beberapa waktu terakhir ini, Jasa Marga telah melakukan sejumlah upaya kuratif dan preventif terkait potensi genangan air di jalan tol.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Upaya itu di antaranya yakni dengan melakukan inspeksi dan pembersihan rutin, pengerukan kolam retensi dari sedimentasi dan sampah, penyiagaan pompa submersible, dan perkuatan tanggul di lokasi rawan genangan.

"Bahkan hingga pengembangan aplikasi early warning system dan pemasangan sensor deteksi ketinggian muka air," kata Atikah dalam telekonferensi, Rabu 22 Desember 2021.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Baca juga: KPK Akui Banyak Uang Lenyap dari Korupsi di Garuda Indonesia

Di sisi lain, lanjut Atikah, selain mempersiapkan aspek laik fungsi kapasitas lajur, Jasa Marga juga memastikan keberfungsian peralatan tol dan kelengkapan operasional di gerbang tol.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

"Hal itu seiring dengan upaya peningkatan layanan transaksi dengan menyiapkan mobile reader," ujarnya.

Kemudian, Jasa Marga juga telah menyiagakan para petugas operasional yang telah divaksin penuh, dalam tim satuan tugas (satgas) Jasa Marga Siaga Nataru dan Penanggulangan Kondisi Darurat.

Suasana jalan tol Trans Jawa ruas Ngawi-Kertosono pada KM 603-604 yang terendam banjir di Desa Glonggong, Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Kamis, 7 Maret 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Siswowidodo

Dalam melaksanakan rekayasa lalu lintas dan pengaturan operasional angkutan barang, yang merupakan diskresi Kepolisian dan dilakukan secara situasional, Atikah mengatakan bahwa pihak Jasa Marga akan senantiasa mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian tersebut di lapangan.

"Yakni dengan menyiagakan petugas pendukung dan rambu-rambu lalu lintas," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya