Pajakku Ditunjuk Peruri Jadi Distributor Resmi Meterai Elektronik

Ilustrasi meterai elektronik
Ilustrasi meterai elektronik
Sumber :
  • Dok: e-meterai

VIVA – Kementerian Keuangan telah resmi meluncurkan meterai elektronik atau E-Meterai. Penerapan meterai jenis baru ini diatur dalam UU No.10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai. 

Perum Peruri sendiri menjadi instansi Pemerintah yang ditunjuk untuk mencetak dan mendistribusikan e-Meterai. Sebagai salah satu upaya akselerasi distribusi e-Meterai, Perum Peruri kemudian menunjuk PT. Mitra Pajakku sebagai salah satu distributor resmi e-Meterai.

Ilustrasi Materai 3000 dan 6000

Ilustrasi Materai 3000 dan 6000

Photo :
  • Instagram/toko_akbarsatu
 

PT. Mitra Pajakku dan Perum Peruri telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama pendistribusian meterai elektronik bagi masyarakat luas. 

"Dengan penunjukkan itu, Pajakku sebagai satu-satunya distributor resmi e-Meterai yang juga sekaligus penyedia jasa pelayanan pajak (PJAP)," tulis keterangan resmi Peruri, dikutip Jumat, 31 Desember 2021.

Kehadiran e-Meterai disambut oleh banyak respons positif dari banyak pihak, terutama pelaku usaha. Sebab, kehadiran e-Meterai  akan menyetarakan kedudukan hukum antara dokumen konvensional dan elektronik yang akan mendorong efisiensi bisnis. 

Seperti diketahui, e-Meterai sendiri mampu mengeliminasi proses cetak-scan dokumen-dokumen penting yang selama ini perlu dilakukan dengan meterai tempel. Tidak hanya itu, dilengkapi dengan fitur validasi yang mampu memastikan kesesuaian dokumen melalui aplikasi pihak ketiga.