Puan Resmikan Jembatan Gantung Rp3,2 Miliar di Jawa Tengah

Jembatan gantung Girpasang.
Sumber :
  • PUPR

VIVA – Ketua DPR RI Puan Maharani, meresmikan jembatan gantung Girpasang di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang menghabiskan dana Rp3,2 miliar. Pembangunan jembatan dilakukan untuk mempermudah akses masyarakat pedesaan terisolir.

Setelah Sebulan, Jenazah Terakhir Korban Runtuhnya Jembatan Baltimore Ditemukan

Selain Puan Maharani, peresmian jembatan dihadiri oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, dan Direktur Pembangunan Jembatan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Yudha Handita.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, hadirnya jembatan gantung akan mempermudah dan memperpendek akses warga masyarakat pedesaan.

Wanita Muda Asal Jakarta Tewas Misterius di Bawah Jembatan Tunggulmas

"Terutama dalam beraktivitas menuju sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antar warga," kata Menteri Basuki, melalui keterangan tertulis pada, Jumat 21 Januari 2022.

Adapun pembangunan jembatan Girpasang telah dilakukan sejak bulan Juli hingga Desember 2021, sepanjang 120 meter dengan lebar 1,8 meter. Dan pembangunan telah menghabiskan nilai kontrak sebesar Rp3,2 miliar.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta, Menteri Basuki Buka Suara

Jembatan gantung Girpasang dibangun untuk menghubungkan Dusun Beringin dengan Dusun Girpasang yang dulu aksesnya terisolir. Dengan adanya jembatan gantung tersebut, diharapkan dapat menghemat waktu tempuh yang semula 15 hingga 30 menit menjadi, 3 hingga 5 menit.

Selain digunakan untuk penghubung desa, jembatan Girpasang juga menjadi destinasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan lokal, ditambah dengan adanya gondola yang dibangun pada tahun 2021.

Ketua DPR Puan Maharani resmikan jembatan Girpasang.

Photo :
  • PUPR

"Saya dengar pada akhir pekan jumlah wisatawan yang berkunjung bisa mencapai 5.000 orang. Karena kapasitas jembatan ini sebanyak 50 orang, maka perlu pengawasan agar jumlah yang melintasi tidak melebihi kapasitas tersebut. Faktor keamanan harus diutamakan," kata Puan.

Dengan adanya kegiatan wisata alam tersebut, Puan berharap ada peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar. Puan juga meminta masyarakat agar selalu menjaga keamanan, kenyamanan dan kebersihan jembatan gantung Girpasang.

Sementara itu, Direktur Pembangunan Jembatan Kementerian PUPR Yudha Handita menjelaskan bahwa sebelum ada jembatan gantung ini, akses Dusun Girpasang dilalui dengan jalan setapak naik turun jurang sedalam 150 m dan 1.001 anak tangga.

Ia mengatakan, kondisi tersebut juga mengakibatkan keterbatasan mobilisasi barang karena memanfaatkan alat transportasi berupa gondola kayu sederhana yang digunakan untuk mengangkut pakan ternak maupun hasil bumi penduduk setempat.

"Dengan adanya jembatan ini mempermudah mobilitas masyarakat Tegalmulyo sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat," ujar Yudha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya