Tetapkan Baa2 Outlook Stable, Moody’s: Pertamina Layak Investasi

Gedung Pertamina Pusat
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Lembaga pemeringkat Internasional, Moody’s Investor Service (Moody's), menetapkan kembali Pertamina sebagai perusahaan dengan status investment grade atau layak investasi (Baa2, outlook stable).

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Hal itu karena Pertamina dinilai telah menjaga pertumbuhan bisnis intinya dengan hati-hatian, serta melakukan diversifikasi ke energi ke yang lebih bersih.

"Pencapaian ini diharapkan dapat terus menjaga kepercayaan investor terhadap Pertamina, sehingga dapat terus membuka peluang akses pendanaan dari investor global," kata Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu 2 Februari 2022.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Fajriyah menambahkan, ada tantangan yang harus dijawab Pertamina untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik, sejalan dengan efisiensi yang dijalankan perusahaan.

"Dengan peringkat ini kami harap bisa mendukung Pertamina menghadapi transisi energi dan tantangan industri energi global, terutama dalam memenuhi kebutuhan pendanaan untuk merealisasikan proyek strategis nasional," ujarnya.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Dengan penetapan Pertamina sebagai layak investasi, Fajriyah berharap para investor tidak perlu ragu menanamkan modalnya di Pertamina Group, karena Pertamina memiliki kinerja dan prospek finansial yang baik.

Sejalan dengan tuntasnya restrukturisasi, lanjut Fajriyah, Pertamina diharapkan dapat bergerak lebih gesit dan lincah untuk mewujudkan aspirasi menjadi perusahaan energi kelas dunia dengan valuasi US$100 miliar.  

"Di tengah tantangan pandemi COVID-19 Pertamina akan terus bergerak agresif meningkatkan produksi migas dan menuntaskan berbagai proyek penugasan pemerintah untuk mewujudkan ketahanan dan kemandirian energi nasional," ujarnya.

Moody’s sebagai Lembaga pemeringkat rating independen yang objektif menilai Pertamina memiliki peran krusial dalam eksplorasi minyak dan gas Indonesia, serta memiliki posisi penting dalam segmen pengolahan, penjualan bahan bakar dan pipa gas.

Pertamina dinilai memiliki bisnis yang terintegrasi dalam skala yang signifikan baik dari hulu hingga hilir. Berdasarkan hal tersebut, Moody’s menilai dukungan dari Pemerintah kepada Pertamina akan tetap kuat, termasuk dalam situasi yang dinilai menimbulkan tekanan bagi kinerja Pertamina. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya