DPR Dukung OMAI Fitofarmaka Masuk Formularium Nasional JKN 

Ilustrasi obat
Ilustrasi obat
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Pandemi COVID-19 mendorong pemerintah mewujudkan kemandirian ketahanan kesehatan dalam negeri, yakni terkait dengan ketersediaan obat-obatan. Sehingga Komisi VI DPR RI mendorong agar obat-obatan yang diproduksi di dalam negeri bisa digunakan dalam sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Anggota Komisi VI DPR RI, Harris Turino mengatakan dirinya berharap ada solusi agar obat-obat OMAI atau Obat Modern Asli Indoesia dapat masuk dalam sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Sebab, kata dia, keberadaan JKN yang telah melayani lebih dari 200 juta penduduk Indonesia telah menjadi pasar yang dominan untuk pelaku usaha farmasi.

Baca juga: Manufaktur RI Menggeliat, Airlangga Jaga Iklim Usaha Kondusif

Dan melalui lelang ekatalog, harga obat-obatan tersebut menjadi sangat murah, sementara itu pelaku industri farmasi di Indonesia harus terus berinvestasi menambah kapasitas dan memenuhi CDOB BPOM. 

"Karena kalau tidak masuk ke JKN susah sekali. Pasar terbesarnya adalah di JKN," kata Harris dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di Gedung DPR, Jakarta, dikutip Kamis 3 Februari 2022.

Untuk itu, Harris berharap Pemerintah harus hadir mendukung pelaku usaha farmasi yang sudah berkomitmen melakukan investasi dan pengembangan.