Setahun Jadi Wali Kota Harta Naik Rp4 Miliar, Ini Penjelasan Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo)

VIVA – Harta kekayaan Gibran Rakabuming Raka bertambah setelah hampir setahun menjabat sebagai Wali Kota Solo. Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Koriupsi (KPK) per tanggal 5 Februari 2022, hartanya mengalami kenaikan sekitar Rp4 miliar sehingga total kekayaannnya mencapai Rp25.292.783.659 atau Rp25,29 miliar.

Gus Yahya Sebut Prabowo-Gibran Bagian dari Keluarga Besar NU

Uwis, uwis Januari kemarin tak revisi ada tambahan beberapa aset untuk (laporan) tahun 2021,” kata Gibran saat ditemui wartawan di SDN Kleco I, Solo, Jumat, 11 Februari 2022.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • Fajar Sodiq/VIVA.
Prabowo-Gibran Hadiri Halalbihalal PBNU, Disambut Menag dan Gus Yahya

Menurut dia, daftar harta kekayaannya bertambah karena ada tambahan aset berupa pembelian tanah. Namun ketika disinggung mengenai berapa persisnya penambahannya, ia tidak menyebutkannya dan mempersilakan untuk mengecek di laman E-LHKP yang dirilis KPK.

“Dilihat aja kan bisa diakses. (naik Rp 4 miliar) lha wis ngerti kok. Itu bertambah karena beli tanah kemarin,” sebutnya.

Muncul Banyak Versi Formasi Kabinet Prabowo, Gerindra: Semua Itu Mungkin Aspirasi

Sedangkan ketika disinggung jumlah kenaikan utang, ia pun membenarkannya. Ada tambahan pinjaman untuk kredit pemilikan rumah (KPR). “Wah takok (tanya) itu juga mbok didelok dewe (dilihat sendiri). Tambah sithik (sedikit) untuk KPR, kan setiap tahun berkurang,” ucapnya.

Seperti diketahui berdasarkan LHKPN KPK Gibran pada saat menjadi calon Wali Kota Solo dalam Pilkada 2022 nilai kekayaannya mencapai Rp21,1 miliar dan catatan utang sebesar Rp895 juta. Sedangkan kini berdasarkan laporan LHKPN 2021 telah mencapai Rp25 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya