Perbatasan Rusia-Ukraina Kembali Mencekam, Rupiah Melemah

Rupiah Menguat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Jumat pagi, 18 Februari 2022. Rupiah melemah 0,49 persen ke posisi Rp14.261 per dolar AS dibandingkan pada penutupan senilai Rp14.256 per dolar AS.

Mendag Imbau Masyarakat Tak Perlu Khawatir soal Pelemahan Rupiah

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp14.301 per dolar AS.

Analis Pasar Uang, Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah hari ini akan tertekan akibat dari eskalasi ketegangan di wilayah perbatasan Rusia dan Ukraina.

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran

Baca juga: IHSG Diprediksi Naik, Simak Rekomendasi Saham Pilihan Hari Ini

Adapun rupiah akan tertekan terhadap dolar AS mengikuti penurunan aset berisiko lainnya seperti indeks saham Asia yang bergerak negatif pagi ini.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

“Serangan militer Ukraina kemarin ke kantong-kantong separatis LPR pendukung Rusia bisa menjadi pemicu serangan Rusia ke Ukraina seperti kejadian di Krimea pada 2014 yang juga melibatkan separatis yang bergerak di dalam negara Ukraina,” ujar Ariston kepada VIVA pada, Jumat 18 Februari 2022.

Ilustrasi rupiah

Photo :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Sementara dari dalam negeri, Ariston memaparkan, kasus COVID-19 yang masih tinggi membuat pelaku pasar khawatir.

“Kasus COVID-19 yang terus meninggi melampaui puncak gelombang kedua COVID- 19 tahun lalu, menambah kekhawatiran pelaku pasar terhadap pemulihan ekonomi dalam negeri dan bisa menjadi penekan rupiah,” ujarnya.

Adapun potensi pelemahan rupiah hari ini ada pada kisaran Rp14.360, dengan potensi support di kisaran Rp14.300.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya