Bocoran Wahana Baru TMII Usai Revitalisasi, Bakal Ada Tram dari INKA

Tram Mover TMII buatan PT INKA (Persero).
Sumber :
  • Instagram @pt_inka

VIVA – Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) dilakukan revitalisasi besar-besaran oleh Pemerintah setelah 40 tahun lamanya tak dilakukan perubahan. Sejumlah bangunan pun kembali dipercantik dan akan mengikuti perkembangan zaman.

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 5 Miliar pada Kuartal I-2024, Intip Sumer Cuannya

Revitalisasi tersebut dilakukan oleh Kementerian Sekretariat Negara, bersama dengan pengelola PT Tawan Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC), Kementerian PUPR serta Kementerian BUMN.

Untuk revitalisasi bangunan dan kawasan TMII keseluruhan akan dilakukan oleh Kementerian PUPR dan ditargetkan selesai dalam waktu 7 bulan atau Oktober 2022 sudah bisa dinikmati.

PT Timah Rombak 2 Jajaran Direksi, Ahmad Dani Ungkap Fokus Perbaikan Bisnis

Baca juga: Sidak Minyak Goreng, DPRD Serang Temukan Penimbunan di Gudang Waralaba

Sementara, untuk beberapa museum dan wanaha akan direvitalisasi oleh Kementerian BUMN, seperti Museum Telkom dan alat transportasi publik di kawasan TMII.

Raup Laba Bersih Rp483 Miliar pada 2023, BRI Insurance Bagikan Dividen Rp 118 Miliar

Dan untuk transportasi publik kali ini, ada bocoran dari BUMN, di mana kawasan TMII nantinya akan tersedia Tram Mover yang simple, modern dan enak dipandang mata. Tram ini dibuat oleh PT INKA (Persero).

Dikutip VIVA dari Instagram @pt_inka, Sabtu 19 Februari 2022, disebutkan bahwa Tram Mover tersebut saat ini sedang dalam proses pembuatan di pabrik INKA di Madiun Jawa Timur.

Produksi Tram Mover oleh PT INKA untuk TMII kali ini merupakan sebuah dukungan BUMN dalam rangka perhelatan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia yang acara puncaknya nanti di Bali November 2022.

Interior Tram Mover TMII untuk G20.

Photo :
  • Instagram @pt_inka

dapun dari bocoran bentuk Tram Mover itu terlihat berbentuk persegi panjang mirip seperti bus dengan dominasi warna merah, dengan jendela-jendela besar di sekelilingnya.

Sementara dari interior Tram Mover tersebut, terlihat sangat modern sekali dengan kursi yang melingkar yang dapat mengarahkan pandangan mata sangat luas karena besarnya jendela kaca di sekitarnya.

Selain itu, tak hanya pembuatan Tram Mover, PT INKA juga menyiapkan sebuah kendaraan lain bebas emisi yang bakan diperkenalkan di KTT G20. Kendaraan itu adalah bus listrik E-Inobus hasil karya anak bangsa.

Revitaslisasi kawasan danau archipelago TMII.

Photo :
  • istimewa

Seperti kita ketahui TMII merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. TMII memiliki luar area kurang lebih 150 hektare atau 1,5 kilometer persegi.  

Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. 

Revitalisasi yang dilakukan akan menciptakan simbol yang terintegrasi, mengorganisasikan informasi, membuat nyaman pengunjung, meningkatkan citra dari TMII, menciptakan estetika yang tinggi dan merancang simbol yang harmonis dengan lingkungan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya